Dukungan Jokowi Merapat Partai Golkar Menguat, Idrus Marham: Ada Jalannya
Ketua Dewan Pembina Bappilu DPP Partai Golkar, Idrus Marham mengungkapkan Jokowi ada jalannya di Golkar [Suara.com/Bagaskara]
18:48
13 Maret 2024

Dukungan Jokowi Merapat Partai Golkar Menguat, Idrus Marham: Ada Jalannya

Perolehan suara Partai Golkar pada Pemilihan Legislatif atau Pileg 2024 tergolong tinggi. Pencapaian ini membuat partai berlambang pohon beringin ini pun menjadi perhatian. 

Tidak terkecuali sosok Joko Widodo atau Jokowi yang disebut-sebut akan merapat ke Partai Golkar guna menjaga karir politiknya, terutama sang anak sulung Gibran Rakabuming Raka yang bakal menjadi wakil presiden (wapres).

Gibran yang kekinian berpasangan dengan Prabowo Subianto, tentu harus memiliki kendaraan politik sendiri setelah tidak lagi di PDIP yang lebih memilih mengusung cawapres Ganjar Pranowo.

Alhasil, perebutan posisi ketua Golkar pun disebut bakal memanas. Kehadiran Jokowi dan Gibran diprediksi akan menduduki posisi penting di partai senior tersebut.

Menanggapi hal ini, Idrus Marham yang sempat menjadi ketua Dewan Pembina Bappilu Golkar mengungkapkan jika potensi dan peluang Jokowi untuk merapat ke Golkar besar.

Baca Juga:

Pacari Happy Asmara? Pendidikan Gilga Sahid Kebanting Denny Caknan

Hal terpenting dari menurutnya jika hal tersebut dicapai dalam sebuah forum tertinggi institusi.

"Jadi gini, institusi atau lembaga yang tertinggi berada di munas, kongres, muktamar. Jangan hanya menentukan orang masuk partai, di situ AD/ART bisa diubah,"ujaar Idrus.

Dia pun memastikan di munas bisa dibuat menjadi ruang untuk tujuan tertentu. Idrus juga menegaskan mengenai status anggota partai yakni bisa kader, anggota biasa, anggota kehormatan dan anggota khusus lainnya.

Seperti anggota kehormatan juga bisa diberi pada Jokowi.

"Itu jadi kembalikan ke situ," sambung ia.

"Pertimbangan anggota kehormatan, ia sosok yang bisa memajukan Golkar. Untuk Jokowi, ini bisa ada jalannya. Apa yang dicapai Golkar yang diproyeksi, termasuk keberadaan menteri di kabinet kan ada pengaruh Jokowi dan itu dianggap dan diatur. Maka DPP pun bisa mengangkat Jokowi sebagai anggota kehormatan," ujar Idrus menerangkan.

Namun politisi Zulfan Hildan juga memastikan fungsi Jokowi sebagai apa di Partai Golkar nantinya.

"Jika hanya sebagai anggota biasa saja, buat apa, misalnya hal-hal yang strategis. bisa melibatkan Jokowi, Sama seperti di jaman menteri Sudarmono sebagai ketum Golkar sementara Pak Harto sebagai Dewan Pembina namun semua diatur pak Harto," ucapnya.

Editor: Tasmalinda

Tag:  #dukungan #jokowi #merapat #partai #golkar #menguat #idrus #marham #jalannya

KOMENTAR