Kejagung Lanjutkan Bersih-Bersih BUMN, Perusahaan Ini Jadi Sasaran
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin. (MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS)
13:24
5 Maret 2024

Kejagung Lanjutkan Bersih-Bersih BUMN, Perusahaan Ini Jadi Sasaran

– Kejaksaan Agung (Kejagung) memastikan bakal meneruskan program bersih-bersih badan usaha milik negara (BUMN). Kerja sama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang diteken kemarin (4/3) bakal memperkuat komitmen tersebut.

”Mewujudkan BUMN yang bersih dari korupsi adalah pekerjaan besar bagi kita semua,” ungkap Jaksa Agung ST Burhanuddin di sela penandatanganan kerja sama tersebut di Jakarta.

Beberapa kasus besar, lanjut Burhanuddin, sudah mereka ungkap dengan membawa para pelaku ke meja hijau. Mulai kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya, PT ASABRI, PT Garuda Indonesia, sampai PT Aneka Tambang (Antam). Secara keseluruhan, sudah ada belasan kasus korupsi di BUMN yang diproses Kejagung selama tiga tahun belakangan.

Lewat penandatanganan nota kesepahaman BPKP dengan Kementerian BUMN, diharapkan muncul kesamaan persepsi antara instansi, korporasi, dan aparat pengawasan. Utamanya dalam lingkup mitigasi risiko fraud.

”Kejaksaan sebagai aparat penegak hukum turut memiliki peran dan tanggung jawab melakukan pencegahan maupun penindakan fraud di sektor BUMN. Sebagai bentuk dukungan, kejaksaan telah menjalankan program bersih-bersih BUMN,” ujarnya.

Program itu, lanjut Burhanuddin, dilaksanakan dengan berbagai langkah. Baik langkah preventif maupun represif. Tujuannya tidak lain demi menghadirkan BUMN yang sehat. ”Untuk membenahi BUMN dari segi hukum dan bisnis. ”Terjadinya fraud dalam lingkup BUMN akan berdampak tidak tercapainya tujuan pembangunan nasional,” tambahnya. (syn/c7/ttg)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #kejagung #lanjutkan #bersih #bersih #bumn #perusahaan #jadi #sasaran

KOMENTAR