Menteri Pertahanan RI Naik Pangkat Jadi Jenderal Kehormatan
Prabowo Subianto semasa masih aktif di militer. (Foto: Ist)
08:08
28 Februari 2024

Menteri Pertahanan RI Naik Pangkat Jadi Jenderal Kehormatan

Penulis: Mayjen TNI (Purn) Komarudin Simanjuntak (Sekjen PPAD)

Presiden RI Joko Widodo menaikkan Pangkat Jenderal TNI Kehormatan kepada Letjen TNI Purn Prabowo Subianto Menteri Pertahanan RI, yang tidak pernah lelah mengabdi untuk kemajuan dan kemakmuran bangsanya.

Rencana Presiden RI Joko Widodo menaikkan Pangkat Letjen TNI Purnawirawan Prabowo Subianto Menteri Pertahanan RI setingkat lebih tinggi menjadi jenderal TNI kehormatan sangat tepat mengingat kinerja dan pengabdian Menteri Pertahanan RI sangat luar biasa sehingga menjadikan Indonesia menjadi negara yang kuat dan disegani di dunia seperti saat ini.

Pemberian kenaikan pangkat Jenderal TNI kehormatan kepada jenderal Prabowo subianto Menteri Pertahanan RI adalah sangat tepat mengingat prestasi yang dicapainya pada sektor pertahanan dapat meningkat TNI dan Kementerian pertahanan menjadi peringkat 13 dalam daftar negara terkuat didunia, menurut Global Firepower, selain sejumlah prestasi lain yang dapat membanggakan,disegani ,ditakuti dan patut diperhitungkan dunia.

Masyarakat Indonesia perlu mengetahui bahwa Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jenderal TNI Prabowo Subianto menerima empat bintang kehormatan diantaranya satu dari Panglima TNI dan tiga dari kepala staf angkatan ,Empat bintang kehormatan tersebut adalah : Bintang Yudha Dharma Utama dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Bintang Kartika Eka Paksi Utama yang disematkan oleh Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurrahman, Bintang Jalasena Utama disematkan oleh Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama yang disematkan oleh Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Jenderal TNI Prabowo adalah Perwira TNI yang pernah menyiapkan 2000 prajurit terbaik TNI yang diproyeksikan untuk tugas kedaerah operasi Timor Timur dan Papua yang disiapkan dan dilatih secara khusus di pusat Pendidikan pasukan khusus ( PUSDIK PASSUS ) Batujajar dengan kualifikasi Pemburu yang tergabung dalam susunan tugas SATGAS RAJAWALI I / 95.

Selama Pendidikan satuan pemburu SATGAS Rajawali 1, Jenderal TNI Prabowo selalu melekat bersama pelatih dan prajurit dilapangan , hal itu dilakukan untuk memastikan semua program berjalan dengan baik, logistik terpenuhi, kendala dipastikan teratasi dan semangat moril terpelihara serta menjamin tidak ada penyimpangan sekecil apapun dilapangan, itulah sifat Jenderal TNI Prabowo Subianto yang selalu memberikan perhatian yang tinggi terhadap prajurit yang dipimpinnya.

Jenderal TNI Prabowo Subianto adalah seorang motivator, pembakar semangat prajurit untuk selalu menang disetiap pertempuran. Jenderal TNI Prabowo subianto selalu memberikan motivasi disaat jedah Latihan salah satu kata motivasi yang tidak bisa dilupakan adalah , biala kau yakin menang sesunguhnya engkau sudah menang tetapi sebaliknya jika kau yakin kalah maka sebenarnya engkau sudah kalah. Itulah kata kata pembakar semagta yang disampaiakan kepada prajurit pemburu.

Selama mengikutim Latihan satgas rajawali banyak Pelajaran yang didapat dari jenderal Prabowo yang selau dicontaohkan kepada peserta Latihan , seperti karakter beliau yang selalu berpikir out of the box, semua pekerjaan harus bisa dikerjakan dengan hasil yang sempurna, inovatif, berani, tegas, saying kepada prajurit dan tidak pernah istrahat, tidak pernah Lelah berbuat untuk kemajuan bangsanya.

Jenderal Prabowo Subianto adalah Jenderal idola prajurit karena ketegasannya, keberaniannya, Simacan Asia, dekat dengan anggota, suka berkorban untuk satuan, prajurit dan keluarga dan suka membela prajurit, pengabdiannya dilaksanakan dengan ketulusan serta keihlasan hatinya selalu berkorban untuk kehebatan satuannya.

Banyak lagi kepribadian, Sifat maupun karakter Jenderal TNI Prabowo Subianto yang dapat diteladani untuk kemajuan Tentara Nasional Indonesia dan kamajuan serta kemakmuran bangsa Indonesia pada masa yang akan datang seperti komitmennya yang kuat & bersuara keras terhadap pemberantasan korupsi, selalu berpikir untuk mencegah pencurian kekayaan alam oleh pihak asing dan segala hal yang merugikan bangsanya.

Sebagai purnawirawan TNI AD, kami semua bangga atas contoh suri tauladan yang ditunjukkan, berjuang sampai dengan titik darah penghabisan, semangat pantang menyerah, merebut simpati dan hati masyarakat sehingga berhasil mendapatkan mandat melebihi ekspektasi pencapaian, hal ini menunjukkan bahwa kecintaan Jenderal Prabowo Subianto terhadap NKRI tidak perlu diragukan.

Semoga kenaikan pangkat yang dinaikkan oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo, satu Tingkat lebih tinggi dari Letjen TNI Purn menjadi Jenderal TNI
kehormatan merupan Amanah, dapat membahagiakan keluarga tercinta, membawa kemajuan pesat bagi bangsa dan negara serta disegani, ditakuti bangsa di dunia……Bravo 08.

1. Taqwa, ialah beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan taat kepada-Nya
2. Ing Ngarsa Sung Tulada, yaitu memberi suri tauladan di hadapan anak buah
3. Ing Madya Mangun Karsa, yaitu ikut bergiat serta menggugah semangat di tengah-tengah anak buah
4. Tut Wuri Handayani, yaitu mempengaruhi dan memberi dorongan dari belakang kepada anak buah
5. Waspada Purba Wisesa, yaitu selalu waspada mengawasi, serta sanggup dan memberi koreksi kepada anak buah
6. Ambeg Parama Arta, yaitu dapat memilih dengan tepat mana yang harus didahulukan
7. Prasaja, yaitu tingkah laku yang sederhana dan tidak berlebih-lebihan
8. Satya, yaitu sikap loyal yang timbal balik dari atas terhadap bawahan dan bawahan terhadap atasan dan ke samping
9. Gemi Nastiti, yaitu kesadaran dan kemampuan untuk membatasi penggunaan dan pengeluaran segala sesuatu kepada yang benar-benar diperlukan
10. Belaka, yaitu kemauan, kerelaan dan keberanian untuk mempertanggungjawabkan tindakan-tindakannya
11. Legawa, yaitu kemauan, kerelaan dan keikhlasan untuk pada saatnya menyerahkan tanggung jawab dan kedudukan kepada generasi berikutnya

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #menteri #pertahanan #naik #pangkat #jadi #jenderal #kehormatan

KOMENTAR