Pengamat Militer Sebut Penggunaan Loreng Komcad Dalam Retreat Kabinet Merah Putih sudah Tepat
Para pejabat Kabinet Merah Putih berkegiatan di Akmil, Magelang, Jawa Tengah pada Jumat (25/10). (Tim Media Kepresidenan)
14:08
25 Oktober 2024

Pengamat Militer Sebut Penggunaan Loreng Komcad Dalam Retreat Kabinet Merah Putih sudah Tepat

 

 

Retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah sudah berjalan. Presiden Prabowo Subianto membuka kegiatan pada Jumat (25/10) dengan olahraga bersama. Ratusan pejabat Kabinet Merah Putih tampak mengenakan loreng Komponen Cadangan (Komcad). 

Loreng Komcad berbeda dengan loreng yang biasa digunakan oleh TNI. Kementerian Pertahanan (Kemhan) membuat loreng tersebut secara khusus. Warnanya tidak gelap. Relatif lebih terang dari loreng yang umum dipakai prajurit dari TNI AD, TNI AL, maupun TNI AU. 

Pemerhati isu-isu militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi menyampaikan bahwa penggunaan loreng Komcad untuk para pejabat Kabinet Merah Putih sudah tepat. ”Seragam Komcad berarti bukan seragam TNI kan,” kata dia. 

Berdasar dokumen foto dan video yang dibagikan oleh Tim Media Presiden Prabowo Subianto, tampak para pejabat Kabinet Merah Putih berkumpul di Lapangan Sapta Marga, Akmil. Mereka melakukan sejumlah aktivitas dipimpin langsung oleh Presiden Prabowo. 

”Saya melihat kegiatan retreat yang diinisiasi oleh Presiden Prabowo untuk anggota kabinetnya sebagai upaya untuk memperkuat soliditas, kolaborasi, dan rasa saling percaya dalam pemerintahan,” ungkap Fahmi. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #pengamat #militer #sebut #penggunaan #loreng #komcad #dalam #retreat #kabinet #merah #putih #sudah #tepat

KOMENTAR