VIDEO Detik-detik 58 Anak TK Diselamatkan Sebelum Kebakaran Bus di Tol Wiyoto Wiyono
19:27
24 Oktober 2024

VIDEO Detik-detik 58 Anak TK Diselamatkan Sebelum Kebakaran Bus di Tol Wiyoto Wiyono

Bus pariwisata yang membawa 58 murid TK terbakar di Tol Wiyoto Wiyono KM 03, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (24/10/2024) siang.

Beruntung sebelum api membesar, 58 murid TK yang ada di dalam bus tersebut dapat dievakuasi ke luar bus dan dibawa petugas Jasa Marga ke titik aman jauh dari lokasi kejadian.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman membeberkan bus tersebut membawa 58 penumpang dari Cikeas - Pondok Gede - Ancol.

Awalnya sopir berinisial NK (49) bersama dengan saksi 1 menjemput rombongan manasik haji TK di Cikeas, setelah menjemput para rombongan manasik haji tersebut lanjut mengarah ke daerah Pondok Gede Jakarta Timur dengan kondisi bus tidak ada kendala.

Setelah selesai dari manasik haji di Pondok Gede, lanjut mengarah ke Ancol Jakarta Utara untuk rekreasi.

Namun pada saat di perjalanan AC bus mengalami kerusakan, tidak terasa dingin.

Sopir kemudian menepikan busnya di Jalan Tol Wiyoto Wiyono KM 3, guna mengecek aki AC. 

“Pada saat sopir turun dan melihat aki AC yang berada di belakang bus, pada saat dibuka sudah ada percikan api."


"Setelah itu sopir memberitahu saksi 1 untuk membantu memadamkan api, kemudian sopir memerintahkan rombongan yang ada di dalam bus keluar dari bus tersebut," jelas Latif.

Diketahui, peristiwa kebakaran bus pariwisata yang mengangkut rombongan anak Taman Kanak-kanak (TK) terjadi di Jalan Tol Wiyoto Wiyono KM 03, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (24/10/2024) pukul 10.12 WIB.

Setelah itu sopir memberitahu rekannya di bus untuk membantu memadamkan api.

Kemudian sopir memerintahkan rombongan yang ada di dalam bus untuk keluar dari bus tersebut.

Kepala Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Muchtar Zakaria mengatakan pihaknya mendapat laporan pada pukul 10.12 WIB ada percikan api di bagian mesin bus pariwisata tersebut.

Keterangan dari supir berinisial NK (49) mulanya dari bawah AC tiba-tiba ada percikan api di bagian mesin, lalu kemudian api membesar.

Sebelum api membesar, 58 murid TK yang menjadi penumpang dapat segera dievakuasi ke luar bus dan dibawa petugas Jasa Marga ke titik aman jauh dari lokasi kejadian.

Kemudian setelah 58 murid TK dievakuasi amuk si jago merah kian membesar hingga melahap seluruh badan bus yang berada di bahu jalan Tol Wiyoto Wiyono tersebut.

Kasiops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jaktim Abdul Wahid menuturkan dugaan sementara api tersebut berasal dari korsleting AC.

Total tiga unit Damkar di kerahkan untuk memadamkan api di lokasi kejadian.

Api mulai dilokalisir pada pukul 10.38 WIB dan masuk tahap pendinginan pukul 10.40 WIB.

Api kemudian baru bisa dipadamkan pukul 10.57 WIB.

Abdul menyebut 60 orang selamat dari kejadian tersebut, termasuk 58 anak TK.

Tidak ada korban dalam kejadian, namun kerugian material akibat terbakarnya seluruh badan bus parwisata itu diperkirakan mencapai Rp800 juta.

Pola rekayasa lalu lintas sempat dilakukan di Tol Wiyoto Wiyono mengarah ke Priok pada Kamis (24/10/2024) siang imbas dari kebakaran sebuah bus pariwisata yang mengangkut rombongan anak-anak TK.

Lalu lintas dari Tol Cililitan menuju Priok mengalami kepadatan.

Sebagai upaya mengurai kepadatan dari Tol Becakayu menuju Rawamangun dilakukan rekayasa lalin sementara.

Ditlantas Polda Metro Jaya memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan yang menuju arah Pisangan keluar di Jatinegara atau Kampung Melayu.

Tribunners berikut kondisi bus pariwisata yang membawa rombongan anak TK yang terbakar di Tol Wiyono.

Usai pemadaman, petugas menderek bangkai bus dari lokasi agar tidak menganggu arus lalu lintas di Tol Wiyoto Wiyono dari arah Cawang, Jakarta Timur menuju Tanjung Priok, Jakarta Utara.(*)

Editor: Srihandriatmo Malau

Tag:  #video #detik #detik #anak #diselamatkan #sebelum #kebakaran #wiyoto #wiyono

KOMENTAR