Janji Anies Akan Kolaborasi Bareng Pengusaha untuk Berantas Pungli
Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan usai berdialog dengan Kadin Indonesia di Djakarta Teather, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2024) malam.(KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)
08:00
12 Januari 2024

Janji Anies Akan Kolaborasi Bareng Pengusaha untuk Berantas Pungli

- Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan mengatakan akan berkolaborasi dengan pelaku usaha untuk memberantas pungutan liar (pungli) di Indonesia.

Hal itu dia sampaikan usai dialog bersama organisasi pengusaha Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Djakarta Theater, Kamis (11/1/2024) malam.

"Pelaku usaha yang lebih tahu di mana terjadinya pungli, kapan terjadi pungli, berapa besar terjadinya pungli," kata Anies.

"Jadi kami melihat lagi-lagi kolaborasi dengan dunia usaha untuk menunjukkan lubang-lubang yang harus dikoreksi, praktek-praktek pungli yang harus diberantas," sambung dia.

Anies menilai, pungli terjadi karena adanya sistem yang kurang mumpuni untuk mencegah terjadinya kejahatan tersebut.

Sebab itu, kata Anies, langkah pertama memberantas pungli dengan cara memperbaiki sistem untuk menutup celah pungutan liar.

"Yang kedua adalah terkait dengan aktor dan ketika terkait dengan aktor pemberesan pungli tidak bisa dikerjakan oleh pemerintah saja, yang lebih tahu pungli itu adalah pelaku usaha," kata Anies.

Sebab itu diperlukan kolaborasi agar pungli bisa diberantas habis dengan paripurna.

"Komitmennya adalah kita harus memberantas berbagai macam praktek bad governance termasuk pungli supaya dunia usaha bisa tumbuh berkembang dengan sehat," tandasnya.

Editor: Singgih Wiryono

Tag:  #janji #anies #akan #kolaborasi #bareng #pengusaha #untuk #berantas #pungli

KOMENTAR