3 Hasil Survei Elektabilitas Pilgub Jakarta: Pramono-Rano Salip RK-Suswono
Calon Gubernur DKI Jakarta 2024, Pramono Anung (Kiri), RIdwan Kamil (Tengah) dan Dharma Pongrekun (Kanan). Berikut hasil survei elektabilitas Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Pramono Anung-Rano Karno salip Ridwan Kamil-Suswono. 
05:03
24 Oktober 2024

3 Hasil Survei Elektabilitas Pilgub Jakarta: Pramono-Rano Salip RK-Suswono

- Berikut hasil survei elektabilitas Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Hasil survei ini berasal dari Lembaga Survei Indonesia (LSI), Charta Politika, dan Poltracking.

Pada kontestasi Pilgub Jakarta kali ini, terdapat tiga pasangan calon (paslon) yang berkontestasi.

Ketiganya ialah pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO).

Kemudian, pasangan nomor urut 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan pasangan nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno.

Berdasarkan hasil survei terbaru yang dirilis oleh LSI, Pramono-Anung akhirnya menyalip elektabilitas RIDO, sebagai berikut.

LSI

LSI merilis hasil surveinya pada Rabu (23/10/2024) kemarin.

Lewat survei yang dilaksanakan pada 10-17 Oktober 2024 itu, elektabilitas Pramono-Rano meningkat.


Dilansir TribunJakarta.com, pasangan yang didukung PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Hanura ini mencatatkan elektabilitas di angka 41,6 persen.

Pramono-Rano menyalip elektabilitas RK-Suswono yang turun ke angka 37,4 persen.

Sementara itu, pasangan calon (paslon) dari jalur independen, Dharma Pongrekun-Kun Wardana mencatatkan elektabilitas sebesar 6,6 persen.

"Sedangkan sisanya yakni 14,4 persen adalah massa mengambang yang belum menentukan pilihannya," ujar Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, saat merilis hasil survei terbarunya, Rabu.

Ia menjelaskan, secara tren, elektabilitas Pramono-Rano terus menanjka dari empat hasil survei yang sudah dilakukan oleh tiga lembaga survei mengenai Pilgub Jakarta dalam sebulan terakhir.

"Ada kecenderungan elektabilitas pasangan Ridwan Kamil–Suswono mengalami penurunan, sedangkan elektabilitas pasangan Dharma-Kun cenderung stabil," ucap Djayadi.

Dalam survei LSI terungkap alasan responden memilih Gubernur Jakarta, pengalaman di pemerintahan sebesar 23,1 persen, lalu karena jujur bersih dari korupsi sebanyak 15,4 persen, dan karena sudah ada bukti nyata hasil kerjanya sebesar 11,5 persen.

“Dari temuan hasil survei ini menunjukkan putaran kedua sangat mungkin terjadi. Hal ini bila melihat ada 14,4 persen responden yang belum menentukan pilihan. Jadi belum ada yang dapat 50persen + 1,” tuturnya.

Kendati demikian, peluang Pilgub Jakarta berlangsung satu putaran jika Pramono-Rano bisa terus meningkatkan elektabilitasnya, mengingat masih satu bulan lagi menuju hari pencoblosan.

“Kalau naik lagi 13 persen pada November nanti maka bisa saja satu putaran bagi kemenangan Pramono Anung dan Rano Karno,” terang Djayadi.

Sebagai informasi, populasi survei ini adalah seluruh WNI di Provinsi Jakarta yang memiliki hak pilih dalam pemilihan umum.

Yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah saat survei dilakukan.

Sampel dalam survei ini sebanyak 1.200 orang, diambil dengan menggunakan metode multistage dengan margin of error ) ±2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling.

Wawancara dilakukan secara tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih terhadap responden terpilih.

Sementara itu, berdasarkan hasil survei pada September 2024 lalu, pasangan RIDO masih unggul dibandingkan dua paslon lain, berikut hasilnya.

Perbandingan harta kekayaan tiga calon gubernur (Cagub) di Pilkada Jakarta, Ridwan Kamil (01), Dharma Pongrekun (02), dan Pramono Anung (03). Perbandingan harta kekayaan tiga calon gubernur (Cagub) di Pilkada Jakarta, Ridwan Kamil (01), Dharma Pongrekun (02), dan Pramono Anung (03). (Tribunnews.com/KPU)

Charta Politika

Charta Politika melakukan survei pada 19-24 September 2024 lalu.

Survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden warga DKI Jakarta yang diambil menggunakan multistage random sampling dengan margin of error 2.83 persen.

Kemudian, wawancara dilakukan secara tatap muka. Berikut hasilnya.

  • Ridwan Kamil-Suswono (RIDO): 48,30 persen.
  • Pramono Anung-Rano Karno: 36,50 persen.
  • Dharma Pongrekun-Kun Wardana: 5,60 persen.
  • Tidak tahu/tidak jawab: 9,7 persen.

Poltracking

Poltracking Indonesia melakukan survei pada 9-15 September 2024.

Survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden yang merupakan warga Jakarta. 

Lalu, untuk margin of error +/2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Sementara wawancara digelar dengan wawancara tatap muka. Hasilnya sebagai berikut: 

  • Ridwan Kamil-Suswono (RIDO): 47,5 persen.
  • Pramono Anung-Rano Karno: 31,5 persen.
  • Dharma Pongrekun-Kun Wardana: 5,1 persen.
  • Tidak tahu: 15,9 persen.

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul: Survei Terbaru LSI: Pramono-Rano Sudah Susul RK-Suswono, Dharma-Kun Masih Stagnan.

(Tribunnews.com/Deni)(TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra)

Editor: Wahyu Gilang Putranto

Tag:  #hasil #survei #elektabilitas #pilgub #jakarta #pramono #rano #salip #suswono

KOMENTAR