Menko AHY Ungkap Tujuan Prabowo Pecah Kementerian Transmigrasi dengan Kementerian Desa PDT
Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan RI, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membeberkan alasan Presiden RI Prabowo Subianto melakukan pemisahan antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dengan Kementerian Transmigrasi di Kabinet Merah Putih. 
05:47
23 Oktober 2024

Menko AHY Ungkap Tujuan Prabowo Pecah Kementerian Transmigrasi dengan Kementerian Desa PDT

- Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan RI, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membeberkan alasan Presiden RI Prabowo Subianto melakukan pemisahan antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dengan Kementerian Transmigrasi di Kabinet Merah Putih.

AHY menyebut, pemisahan dua kementerian itu sebagai salah satu upaya pemerintahan Prabowo-Gibran dalam mewujudkan peningkatan dalam sektor perekonomian.

Prabowo kata AHY, memiliki tujuan agar Kementerian Transmigrasi yang dipimpin oleh Letkol TNI (Purn) Iftitah Sulaiman Suryanegara itu bisa berkontribusi besar dalam pembangunan ekonomi Indonesia.

"Karena beliau (Prabowo) punya tujuan ataupun punya visi agar Kementerian Transmigrasi ini bisa membantu mempercepat pembangunan ekonomi di sejumlah kawasan termasuk di antaranya kawasan Indonesia Timur," kata AHY saat melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Transmigrasi RI, Jakarta Selatan, Selasa (22/10/2024).

"Agar bisa direncanakan dan dijalankan program-program transmigrasi," sambungnya.

Terlebih kata AHY, Iftitah sebagai Menteri Transmigrasi telah menyatakan kalau para transmigran merupakan seorang patriot.

Pasalnya, setiap orang yang berpindah dari suatu daerah ke daerah lain menurut AHY, dipastikan sudah memiliki mental dan kemampuan untuk meningkatkan perekonomian di daerah barunya.


"Karena memang harus ada keinginan dan juga kesadaran bahwa dengan berpindah ke suatu daerah yang membutuhkan kehadiran bukan hanya secara fisik tapi juga skills, keterampilan dan juga pengalaman-pengalaman tertentu untuk meningkatkan produktivitas ekonomi suatu daerah," tandas dia.

Sebagai informasi, Presiden RI Prabowo Subianto telah menetapkan susunan Kabinet Merah Putih untuk membantunya menjalankan program pemerintahan lima tahun ke depan.

Dalam kabinetnya ini, Prabowo menetapkan adanya nomenklatur baru yang berpengaruh pada beberapa pos kementerian.

Salah satunya terjadi pada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi yang kini dipisah.

Di kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran, Kementerian Desa, PDT RI dipimpin oleh Menteri Yandri Susanto dan Wakil Menteri Ahmad Riza Patria.

Sementara, Kementerian Transmigrasi RI dipimpin oleh Menteri Iftitah Sulaiman Suryanegara dan Wakil Menteri Viva Yoga Mauladi.

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #menko #ungkap #tujuan #prabowo #pecah #kementerian #transmigrasi #dengan #kementerian #desa

KOMENTAR