Timses Caleg hingga KPPS Ikuti Konseling Kejiwaan, Hasilnya Kebanyakan Stres Ringan
Anggota KPPS di TPS 02 Kampung Cipondok, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten melakukan proses penghitungan surat suara menggunakan penerangan senter HP. (ANTARA/Desi Purnama Sari )
20:40
20 Februari 2024

Timses Caleg hingga KPPS Ikuti Konseling Kejiwaan, Hasilnya Kebanyakan Stres Ringan

- Sebanyak 95 orang peserta yang mengikuti konseling kejiwaan di RSUD Taman Sari, Jakarta Barat, mengalami stres ringan. Beberapa peserta yang mengikuti konseling kejiwaan tersebut di antaranya adalah tim sukses caleg hingga capres dalam Pemilu 2024.

Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Taman Sari, Ngabila Salama mengatakan, rata-rata yang mengikuti konseling mengaku tidak bisa tidur dan sulit tidur.   “Kalau rata-rata sih gejalanya ringan ya. Cemas, depresi ringan, overthinking, sulit tidur, gangguan mood, cepat lelah, sulit kontrol diri,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (20/2).  

  Dari puluhan pasien yang mengikuti konseling kejiwaan itu, 12 orang merupakan tim sukses calon legislatif (caleg), 4 orang KPPS, 50 masyarakat umum, dan 29 tenaga kesahatan dari berbagai instansi dan daerah.   Mayoritas tim sukses caleg yang mengikuti konseling ini karena caleg yang diusungnya tidak lolos dalam pertarungan di Pemilu. Sementara untuk anggota KPPS yang ikut dalam konseling kejiwaan akibat stress akibat penghitungan surat suara yang berkepanjangan.   “Kan kurang tidur, dia stress. Lagipula rekapnya pasti stress karena Pemilu,” ungkap Ngabila.   Ia memastikan, untuk para anggota KPPS yang mengikuti konseling kejiwaan bukan akibat tekanan dari satu pihak. “Bukan (tekanan),” tandasnya.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #timses #caleg #hingga #kpps #ikuti #konseling #kejiwaan #hasilnya #kebanyakan #stres #ringan

KOMENTAR