7 Menteri dan Wakil Menteri Era Jokowi yang Dapat Penugasan Baru di Kabinet Prabowo-Gibran
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan melambaikan tangan saat tiba di kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
09:48
21 Oktober 2024

7 Menteri dan Wakil Menteri Era Jokowi yang Dapat Penugasan Baru di Kabinet Prabowo-Gibran

- Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka sudah memiliki Kabinet Merah Putih yang akan membantu pemerintahannya selama lima tahun ke depan.

Dari total 53 menteri dan pimpinan lembaga selevel menteri, ada tujuh menteri dan wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju yang mendapat penugasan baru di kementerian dan lembaga selevel kementerian.

Wajah lama yang menghiasi Kabinet Indonesia Maju itu mendapat kepercayaan dari Prabowo-Gibran untuk memimpin dengan jabatan dan posisi baru. Mereka diharapkan mampu mengemban tugas tersebut dengan baik.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono tiba di kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Presiden terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

Dalam pengumuman Kabinet Merah Putih pada Minggu malam (20/10), Prabowo membeber nama-nama menteri lama di era kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) yang masuk Kabinet Merah Putih dan mendapat penugasan baru. Berikut rinciannya:

  1. Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan dipercaya menjadi menteri koordinator bidang politik dan keamanan (menko polkam), sebelumnya bertugas sebagai kepala Badan Intelijen Negara (BIN).
  2. Pratikno dipercaya menjadi menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan (menko PMK), sebelumnya bertugas sebagai menteri sekretaris negara (mensesneg).
  3. Agus Harimurti Yudhoyono dipercaya menjadi menteri koordinator bidang infrastruktur dan pembangunan kewilayahan, sebelumnya bertugas sebagai menteri agraria dan tata ruang (ATR)/kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).
  4. Zulkifli Hasan dipercaya menjadi menteri koordinator bidang pangan, sebelumnya bertugas sebagai menteri perdagangan (mendag).
  5. Raja Juli Antono dipercaya menjadi menteri kehutanan, sebelumnya bertugas sebagai wakil menteri ATR/BPN.
  6. Budi Arie Setiadi dipercaya menjadi menteri koperasi, sebelumnya bertugas sebagai menteri komunikasi dan informatika.
  7. Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra dipercaya menjadi kepala BIN, sebelumnya bertugas sebagai wakil menteri pertahanan (wamenhan).

Usai diumumkan Prabowo pada Minggu malam, hari ini (21/10) para menteri dan pimpinan lembaga setingkat menteri akan dilantik oleh Prabowo. Dengan begitu, mereka segera melaksanakan tugas sebagai menteri dan pimpinan lembaga baru di Kabinet Merah Putih. Setelah melantik para menteri, Prabowo juga menjadwalkan rapat paripurna perdana dengan para menterinya pada Rabu (23/10) mendatang.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #menteri #wakil #menteri #jokowi #yang #dapat #penugasan #baru #kabinet #prabowo #gibran

KOMENTAR