Sugiono Menemani Presiden Prabowo Subianto saat Gelar Pertemuan Bilateral dengan Tamu Negara
Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato usai dilantik pada sidang paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
19:48
20 Oktober 2024

Sugiono Menemani Presiden Prabowo Subianto saat Gelar Pertemuan Bilateral dengan Tamu Negara

- Presiden Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah tamu negara setelah resmi dilantik oleh MPR RI. Prabowo melakukan pertemuan dengan sembilan pemimpin negara sahabat di Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/10) petang.

Prabowo tampak menerima tamu negara, seperti Wakil Perdana Menteri (PM) Australia Richard Marles. Prabowo menyambut satu per satu tamu negara. Di antaranya Wakil Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Winston Peters, Menteri Luar Negeri Britania Raya dan Irlandia Utara (UK) David Lammy.

Kemudian, PM Singapura Lawrence Wong, PM Papua Nugini James Marape, PM Korea Selatan Han Duck-soo, PM Vanuatu Charlot Salwai Tabimasmas, Wapres Laos Laos Pany Yathotou, dan Wapres RRT Han Zheng.

Dalam pertemuan itu, Prabowo tampak ditemani oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sugiono. Diketahui, Sugiono diisukan bakal menjadi Menteri Luar Negeri Kabinet Prabowo-Gibran.

Kepala Komunikasi Kantor Kepresidenan Hasan Nasbi menyatakan pertemuan bilateral itu dilakukan setelah para tamu negara itu menghadiri pelantikan, pada siang tadi. Menurut dia, pertemuan itu merupakan bentuk penghormatan Prabowo terhadap para tamu negara.

"Ini merupakan courtesy, penghormatan, disambut langsung presiden Prabowo. Karena pimpinan ini datang jauh ke Jakarta untuk menghadiri pelantikan, ini juga upaya mempererat kerja sama dan potensi dengan negara sahabat tersebut," kata Hasan Nasbi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Selain melakukan silaturahmi, kata Hasan Nasbi, pertemuan itu juga dilakukan untuk mempererat kerja sama Indonesia dengan negara-negara sahabat. Hal itu telah ditegaskan Prabowo dalam pidato kenegaraan, akan bekerja sama dengan seluruh negara.

"Sesuai pidati Pak Prabowo tadi di MPR RI kita akan bersahabat dengan seluruh negara, kita tidak akan terlibat dengan kerja sama, pakta pertahanan tertentu, tapi kita akan tetap berada di garis kebijakan luar negeri kita yang non blok dan kerja sama dengan semua negara," pungkasnya.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #sugiono #menemani #presiden #prabowo #subianto #saat #gelar #pertemuan #bilateral #dengan #tamu #negara

KOMENTAR