Kapolri Sigit Pastikan Pengamanan Rute Pelantikan Prabowo-Gibran, TNI-Polri Siaga
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan pengamanan pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. (Mabes Polri)
19:40
18 Oktober 2024

Kapolri Sigit Pastikan Pengamanan Rute Pelantikan Prabowo-Gibran, TNI-Polri Siaga

- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan kesiapan Polri dalam pengamanan dan pengawalan rute lalu lintas untuk pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029. Pelantikan tersebut akan dilangsungkan pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Kapolri menyampaikan hal tersebut didampingi Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto usai Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP di Monas, Jakarta, Jumat (18/10/2024). Jenderal Sigit menegaskan bahwa pihaknya sudah mengamankan rute-rute yang akan dilalui kendaraan VVIP menuju Gedung DPR/MPR, termasuk rute kembali.

“Kami telah mengamankan rute-rute yang akan dilalui oleh kendaraan VVIP menuju DPR/MPR dan sebaliknya. Kami mendapat informasi bahwa masyarakat akan ikut menyambut di sejumlah titik,” kata Kapolri.

Kapolri mengimbau masyarakat yang ingin melakukan penyambutan agar tetap tertib. Polri telah mempersiapkan langkah antisipatif untuk mengatasi kemungkinan gangguan. Ia juga menyebut bahwa Polri telah mengamati kelompok-kelompok yang mungkin mengadakan aksi saat pelantikan berlangsung.

“Kami bersama Panglima TNI akan terus bekerja untuk memitigasi dan meminimalkan potensi gangguan selama pelantikan. Kami juga mengamankan rute dengan rekayasa lalu lintas,” tambahnya.

Kapolri menyatakan bahwa Polri telah menurunkan 15.224 personel untuk mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Personel ini dibagi menjadi delapan satuan tugas (satgas) untuk memastikan kelancaran pengamanan.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyampaikan bahwa TNI telah menurunkan 100.000 personel untuk mendukung pengamanan pelantikan. TNI juga berkoordinasi dengan Polri dan satuan intelijen untuk memitigasi potensi gangguan, khususnya di wilayah Jakarta.

“TNI mengamankan ring 1 dengan Paspampres lengkap, termasuk sniper dan teknologi antidrone, sementara ring 2 dan 3 dijaga oleh pasukan TNI dan Polri,” jelas Panglima TNI.

 

 

 

Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #kapolri #sigit #pastikan #pengamanan #rute #pelantikan #prabowo #gibran #polri #siaga

KOMENTAR