Belum Bertemu Prabowo, Megawati Akan Hadiri Sidang Terbuka Promosi Doktoral Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di UI
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan SK kepada Calon Kepala Daerah partai di Jakarta, Senin (26/8/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
09:56
18 Oktober 2024

Belum Bertemu Prabowo, Megawati Akan Hadiri Sidang Terbuka Promosi Doktoral Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di UI

  - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto akan menjalani Sidang Terbuka Promosi Doktor di Balai Sidang Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, pada Jumat besok (18/10). Hasto mengikuti program doktoral yang ke-2 di Sekolah Kajian Strategic dan Global (SKSG) Universitas Indonesia usai sebelumnya pada 2022.   Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri direncanakan hadir langsung untuk mengikuti saat Hasto menjalani sidang terbuka. Kedatangan Megawati tersebut di tengah isu rencana pertemuannya dengan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto yang juga belum terlaksana.   "Semoga Ibu Megawati berkenan hadir karena kesibukan Beliau memang sangat tinggi. Beliau  memberikan inspirasi penelitian ini dan sebagai informan utama di dalam menjawab bagaimana agar PDI Perjuangan bisa tetap ada selama bangsa ini ada," kata Hasto kepada wartawan, Jumat (18/10).  

  Hasto menyelesaikan program doktoral di UI selama 3 tahun, dan akan menjadi doktor dengan disertasi berjudul 'Kepemimpinan Strategis Politik, Ideologi, dan Pelembagaan Partai serta Relevansinya terhadap Ketahanan Partai: Studi pada PDI Perjuangan'.    Dalam disertasi tersebut, Hasto mengontsruksikan Teori Pelembagaan Partai dalam kaitannya dengan Ketahanan Partai. Ia merasa lega bisa menyelesaikan studi doktoral di tengah kesibukannya sebagai sekjen partai terbesar di Indonesia.   Ia pun mengaku, ada pran mantan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, sehingga dirinya bisa menjalani program doktoral di UI.   "Semua ini bisa terjadi karena semesta. Secara tidak sengaja pada saat naik sepeda, bertemu dengan Mas Pram (Pramono Anung - mantan Sekjen PDIP, yang saat itu menjabat Menseskab). Lalu saya diajak ke rumah. Disitu ada teman yang menawarkan masuk ke UI. Lalu didaftarkan. Ikut tes, dan diterima. Waktu itu penelitian, menyusun kepemimpinan strategis partai sebagai upaya meningkatkan demokrasi Indonesia," pungkasnya.  

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #belum #bertemu #prabowo #megawati #akan #hadiri #sidang #terbuka #promosi #doktoral #sekjen #pdip #hasto #kristiyanto

KOMENTAR