Penampakan Terkini TPS Tempat Nyoblos Mahfud MD di Yogyakarta, Dekorasinya Mirip Tempat Hajatan
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD menyampaikan paparannya dalam diskusi Tabrak Prof di Yogyakarta, Senin (5/2/2024) malam. [Kontributor Suarajogja.id/Putu Ayu Palupi]
14:16
13 Februari 2024

Penampakan Terkini TPS Tempat Nyoblos Mahfud MD di Yogyakarta, Dekorasinya Mirip Tempat Hajatan

Sejumlah warga Padukuhan Sambilegi Lor Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta nampak sibuk mempersiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) 106. Di TPS 106 ini, rencananya Calon Wakil Presiden Mahfud MD bakal menyalurkan hak pilihnya. 

Masyarakat Padukuhan Sambilegi Lor sendiri mengaku antusias menyambut Mahfud MD, salah satu warga mereka menjadi calon wakil presiden. Mereka bangga dengan keberadaan salah satu warganya menjadi Cawapres. 

Oleh karenanya, mereka ingin membuat Mahfud MD seperti merasa ketika awal mendiami kediamannya di Dusun Sambilegi Lor tahun 1985 silam. Mereka mendekorasi layaknya tempat hajatan dengan background gambar rumah khas Yogyakarta. 

TPS 106 ini sendiri berada di Dusun Sambileg Lor RT 02 RW 53 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letak TPS tersebut hanya sekira 100 meter dari kediaman Mahfud MD yang berada di wilayah RT 01. Mahfud dijadwalkan mencoblos pukul 07.30 WIB. 

Salah satu anggota Karangtaruna Sambilegi Lor yang bertugas mendekorasi TPS 106, Ahmad Ahsan Al Hanief mengatakan, TPS 106 dikemas khusus untuk menyambut kembali Mahfud MD ke rumah. Dengan dominasi warna bendera Merah Putih dan Karpet warna merah, TPS 106 tampak lebih segar dengan hiasan berbagai bunga. 

"Kami ingin menunjukkan rasa bahagia warga menyambut warga kebanggaan yang kini menjadi cawapres," ujarnya, Selasa (13/2/2024).

Karena itu konsep yang mereka terapkan di TPS adalah konsep menyambut kembali beliau pulang ke rumah. Background sendiri sengaja dibuat foto rumah jawa dikelilingi pohon karena ingin menggambarkan suasana pertama kali Mahfud MD datang ke Dusun Sambilegi tahun 1985 silam. 

Penampakan TPS Mahfud MD di Yogyakarta. [Kontributor/Julianto]Penampakan TPS Mahfud MD di Yogyakarta. [Kontributor/Julianto]

Di mana saat itu suasana Dusun sambilegi belum sepadat sekarang dan masih banyak ditumbuhi pohon-pohon layaknya hutan. Warga ingin mahfud bisa terkenang kembali suasana Dusun Sambilegi dulu. 

"Ya meski sudah resmi menjadi warga Sambilegi Lor tahun 1985, tetapi pak Mahfud MD jarang balik ke Dusun ini. Ya ke sini hanya sesekali. Kan beliau sangat sibuk," ujar Ahmad,  

Ahmad mengatakan persiapan TPS 106 sendiri sudah dilakukan dalam 3 hari terakhir. Setelah mendapatkan kabar fix jika Mahfud MD bakal nyoblos di Sambilegi Lor, maka warga kemudian berembug untuk mengkonsep TPS 106.

Untuk mengemas TPS ini warga sengaja mengeluarkan uang dari kas milik Dusun sambilegi Lor namun ada juga beberapa warga yang sengaja menyumbang untuk mempercantik TPS yang bakal digunakan untuk mencoblos Cawapres pasangan nomor urut 3.

"Itu kas dusun aja. Ada yang nambah dari warga juga," tambahnya. 

Di TPS ini nanti bakal ada 274 orang yang masuk daftar pemilih tetap (DPT). Mahfud MD bersama keluarga bakal menyalurkan hak pilihnya pada hari Rabu (14/2/2024) sekira pukul 07.30 WIB. Karena pukul 08.00 WIB Mahfud harus bertolak kembali ke Jakarta. 

Mahfud dijadawalkan tiba di Dusun Sambilegi Selasa sore. Dan Selasa malam bakal ada pengajian dan malam tirakatan di rumah Mahfud MD yang berada di kompleks Masjid Darul Ikram Maguwoharjo.

Kontributor : Julianto

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #penampakan #terkini #tempat #nyoblos #mahfud #yogyakarta #dekorasinya #mirip #tempat #hajatan

KOMENTAR