Bantah Dibilang Berkhianat, Ahok Malah Bela Prabowo Subianto: Siapa Bilang Pak Prabowo Anti China?
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Instagram/@basukibtp)
17:28
9 Februari 2024

Bantah Dibilang Berkhianat, Ahok Malah Bela Prabowo Subianto: Siapa Bilang Pak Prabowo Anti China?

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok belakangan membantah jika Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianti disebut anti terhadap etniT Tionghoa.

Sebagai mantan wakil Gubernur DKI sekaligus berasal dari Etnis Tionghoa, Ahok membuktikan sendiri jika Prabowo tidak anti terhadap salah satu etnis tersebut.

Hal itu disampaikan Ahok, kala dirinya membantah tuduhan disebut berkhianat terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan juga terhadap Prabowo selaku Ketua Umum Patrai Gerindra yang mengusungnya.

Awalnya, Ahok bercerita bagaimana dulu perjalannannya saat hendak menjadi calon Wakil Gubernur DKI. Menurut Ahok, awalnya Jokowi tak mau jika disandingkan dengan diriny.

Saat itu, Jokowi malah ingin berpasangan dengan Deddy Mizwar.

"Pak Jokowi itu tidak pernah mau saya jadi wakil dia kalau mau anda buka. Hasil survei, kenapa seorang Sandiaga Uno berani diamjukan Gerindra? karena hasil survei itu nomor paling top, pertama jadi wakil Pak Jokowi itu Deddy Mizwar, nomor dua nya ada Sandiaga Uno, saya di survei itu nomor 12," kata Ahok dalam video yang dilansir akun Twitter @Chynthia_K, Jumat (9/2/2024).

Dari hasil survei itu, kata Ahok, nantinya nama-nama yang akan diusung itu diseleksi dari dua nama sebelum dikeluarkan surat rekomendasi.

"Sampai kemudian masukin dua nama, ini boleh tanya sama orang Gerindra kok kita buka-bukaan rekomendasinya," jelas mantan Dirut Pertamina itu.

Namun saat itu, Gerindra tak dapat mengusung Ahok lantaran belum tujuh kursi di DPRD DKI Jakarta.

"Itu cuma sekedar mau sampaikan mau nyalonin Ahok ni kalau mau buka-bukaan ya," katanya.

Menurut Ahok, proses panjang yang dilaluinya untuk bisa menjadi Wakil Gubernur DKI mendampingi Jokowi adalah bukti bahwa Prabowo tidak anti terhadap etnis Tionghoa.

"Siapa bilang Pak Prabowon anti China, Mei 98, ini bukti mencalonkan Ahok keturunan China di Ibu Kota," kata Ahok.

Editor: Bella

Tag:  #bantah #dibilang #berkhianat #ahok #malah #bela #prabowo #subianto #siapa #bilang #prabowo #anti #china

KOMENTAR