Presiden Jokowi Tegaskan Tidak Akan Ikut Berkampanye pada Pemilu 2024
Presiden Jokowi sedang berdialog dengan warga penerima bantuan pangan beras di gudang Bulog Kalasan, Sleman, Yogyakarta pada hari Senin (29/1). (Andreas Fitri Atmoko/ANTARA)
13:08
7 Februari 2024

Presiden Jokowi Tegaskan Tidak Akan Ikut Berkampanye pada Pemilu 2024

  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, dirinya tidak akan ikut berkampanye dalam gelaran Pemilu 2024. Hal ini menanggapi isu bahwa Presiden Jokowi akan hadir dalam kampanye akbar yang akan berakhir pada 10 Februari 2024 mendatang.   "Jika pertanyaannya, apakah saya akan kampanye? Saya jawab tidak. Saya tidak akan berkampanye," kata Jokowi di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Rabu (7/2).    Jokowi menjelaskan, Presiden memang tak dilarang untuk ikut berkampanye dalam sebuah pesta demokrasi. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Pemilu tahun 2017.  

  "Ini saya ingin menegaskan kembali, pernyataan saya sebelumnya bahwa Presiden memang dibolehkan undang-undang untuk kampanye. Dan juga sudah pernah saya tunjukkan bunyi aturan," ucap Jokowi.    Jokowi sebelumnya sempat menyatakan bahwa Presiden pun memiliki hak untuk berkampanye. Presiden juga sempat memberikan keterangan secara khusus di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, mengenai ketentuan yang membolehkan Presiden berkampanye.  

  Ia sempat menunjukkan sebuah catatan terkait Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.   Rentetan pernyataan dan keterangan Jokowi itu sempat menimbulkan pertanyaan publik apakah Presiden Jokowi akan ikut berkampanye mendukung salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, atau tidak.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #presiden #jokowi #tegaskan #tidak #akan #ikut #berkampanye #pada #pemilu #2024

KOMENTAR