Sejarah Hari Museum Nasional, Ini Awalnya Hingga Diperingati Setiap Tanggal 12 Oktober
REVITALITASI TUNTAS: Seorang pramuwisata melihat arca Mahakala yang dipajang di Museum Nasional Indonesia, Jakarta, Jumat (11/10). (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)
17:08
12 Oktober 2024

Sejarah Hari Museum Nasional, Ini Awalnya Hingga Diperingati Setiap Tanggal 12 Oktober

  - Hari ini, Sabtu (12/10), diperingati sebagai Hari Museum Nasional. Terbentuknya atau diperingatinya Hari Museum Nasional sendiri ada sejarah dan tujuannya.   Mengutip laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hari Museum Nasional ditetapkan berdasarkan Musyawarah Museum se-Indonesia atau MMI. Saat itu, Hari Museum Nasional pertama kali digagas pada tahun 1962 di Yogyakarta.   Kegiatan MMI ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari tokoh museum, pimpinan, pemerhati, dan pencinta museum. Salah satu tokoh penting dalam pertemuan ini adalah Drs. Moh. Amir Sutaarga, yang dikenal sebagai Bapak Permuseuman Indonesia.   Penetapan Hari Museum Nasional ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang nilai budaya dan sejarah yang terkandung dalam koleksi museum. Tentunya, Hari Museum Nasional juga diharapkan dapat membantu memelihara dan menjaga warisan budaya bangsa yang beragam.   Hari Museum Nasional ditetapkan dengan tujuan mengedukasi masyarakat tentang peran museum dalam pendidikan dan penyebaran pengetahuan membantu meningkatkan minat dan kunjungan ke museum.   Sampai dengan tahun 2024 ini, Kemendikbud mencatat bahwa secara total ada 290 museum di Indonesia. Jumlah tersebut bisa dibilang sangat banyak karena Indonesia adalah negara yang memliki budaya yang beraneka ragam.   Kebudayaannya yang sangat kaya tentu membutuhkan cara pelestarian dan pemajuan kebudayaan dalam wujud museum. Oleh karenanya, Hari Museum Nasional ini menjadi penting untuk diperingati.  

  Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 66 Tahun 2015 tentang Museum, museum merupakan lembaga yang berfungsi untuk melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan koleksi, serta mengkomunikasikannya kepada masyarakat.   Peran museum dalam pengkajian, pendidikan, dan hiburan dijalankan dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan bangsa. Pemerintah melalui PP ini juga berkomitmen untuk terus mendorong museum-museum di Indonesia berkembang sebagai simbol kemajuan bangsa.   Sebagai negara dengan budaya yang kaya dan beragam, Indonesia sangat membutuhkan museum sebagai sarana pelestarian sekaligus pemajuan kebudayaan. Museum tak hanya menjadi tempat edukasi dan pelestarian budaya, tetapi juga ruang rekreasi serta wadah interaksi publik yang menyatukan masyarakat dari berbagai latar belakang.      

Editor: Kuswandi

Tag:  #sejarah #hari #museum #nasional #awalnya #hingga #diperingati #setiap #tanggal #oktober

KOMENTAR