Angkatan Laut Ajak Ratusan Pelajar dan Mahasiswa Sailing Camp Tiga Hari Gunakan Kapal Perang KRI Semarang-594
Ratusan pelajar dan mahasiswa bersiap mengikuti Sailing Camp menggunakan kapal perang milik TNI AL, KRI Semarang-594. (Syahrul Yunizar/JawaPos.com)
06:40
12 Oktober 2024

Angkatan Laut Ajak Ratusan Pelajar dan Mahasiswa Sailing Camp Tiga Hari Gunakan Kapal Perang KRI Semarang-594

 

 

- TNI AL mengajak 550 orang pelajar dan mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan untuk melaksanakan sailing camp menggunakan kapal perang KRI Semarang-594. Mereka bertolak dari Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara pada siang Jumat (11/10).

Dari Kolinlamil, mereka diajak berlayar selama tiga hari di Perairan Teluk Jakarta sampai Pulau Payung, Kabupaten Kepulauan Seribu. Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muda TNI Hermanto menyampaikan bahwa sailing camp tersebut merupakan bagian dari pembinaan potensi maritim.

”Kegiatan ini berlangsung kurang lebih tiga hari dan insya Allah mereka akan melaksanakan kegiatan mulai dari kegiatan pembekalan, kemudian juga ada diskusi, kemudian juga ada kegiatan-kegiatan yang nantinya mereka akan berlayar selama dua malam di sekitaran Perairan Teluk Jakarta,” kata perwira tinggi bintang dua Angkatan Laut tersebut.

Hermanto menyampaikan bahwa sailing camp merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh Angkatan Laut. Namun kali ini pelayaran yang dilakukan bersama ratusan pelajar dan mahasiswa lebih istimewa. Sebab, mereka berlayar menggunakan kapal perang buatan dalam negeri, KRI Semarang-594.

”Jadi, kita berharap dengan adanya kegiatan ini, para pemuda betul-betul sudah mulai memahami bagaimana terkait dengan kebaharian,” kata dia. 

Tidak hanya melakukan pelayaran, dalam sailing camp tersebut, ratusan peserta akan diajak berkemah di Pulau Payung. Melalui kegiatan tersebut, para pelajar dan mahasiswa dibekali berbagai ilmu agar memiliki wawasan kebangsaan, semangat bela negara, serta rasa cinta terhadap dunia kebaharian. Mereka juga diajak melakukan berbagai kegiatan lainnya.

”Seperti melaksanakan kegiatan interaksi sosial berupa pelepasan tukik, olahraga bersama, outbound, pentas seni, dan kegiatan bakti sosial berupa bedah MCK; bersih pantai; dan penyerahan sembako kepada nelayan pesisir,” ungkap Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI I Made Wira Hady Arsanta.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #angkatan #laut #ajak #ratusan #pelajar #mahasiswa #sailing #camp #tiga #hari #gunakan #kapal #perang #semarang

KOMENTAR