Prancis Yakin Indonesia Mampu Bangun Kapal Selam Scorpene di Surabaya
Kunjungan Dubes Perancis untuk Indonesia Fabien Penone berkunjung ke galangan PT PAL Indonesia di Surabaya, Jawa Timur. (PT PAL Indonesia)
20:08
9 Oktober 2024

Prancis Yakin Indonesia Mampu Bangun Kapal Selam Scorpene di Surabaya

 

- Kementerian Pertahanan (Kemhan) telah memesan dua unit kapal selam kelas scorpene dari Perancis. Tidak sampai di situ, mereka memastikan kedua kapal selam itu bakal dibangun di dalam negeri.

Persisnya di galangan PT PAL Indonesia yang berada di Surabaya, Jawa Timur. Perancis yakin, Indonesia mampu membangun kapal selam scorpene dengan baik. 

Keterangan itu disampaikan oleh Duta Besar (Dubes) Prancis untuk Indonesia Fabien Penone saat berkunjung ke galangan PT PAL Indonesia pada Selasa sore (8/10).

Berdasar keterangan resmi yang diterima oleh JawaPos.com pada Rabu (9/10), Dubes Perancis untuk Indonesia menyatakan bahwa alih teknologi dari Perancis ke Indonesia akan dilakukan secara maksimal. 

”Kami sangat yakin dengan PT PAL. Inilah sebabnya mengapa proyek dua kapal selam akan dibangun sepenuhnya di sini, karena ada teknologinya, ada pengetahuan, dan cukup keahlian untuk melakukannya. Jadi, ini adalah kerja sama jangka panjang bagi Indonesia-Perancis yang didasarkan pada kepercayaan dan keahlian,” ujar Penone. 

Kunjungan Dubes Perancis untuk Indonesia ke PT PAL dilakukan untuk menindaklanjuti kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Perancis dalam pengembangan teknologi kapal selam.

Kerja sama strategis itu tidak hanya akan memperkuat kemampuan Indonesia dalam membangun kapal selam dengan teknologi yang kompleks, tetapi juga memungkinkan PT PAL Indonesia mengembangkan kemampuan membangun kapal selam secara mandiri. 

”Itulah yang kami sebut kemitraan mandiri. Kami saling memperkuat kedua negara melalui kerjasama ini, dan satu aspek penting adalah transfer teknologi,” tambah Dubes Perancis untuk Indonesia. 

Di tempat yang sama Direktur Produksi PT PAL Satriyo Bintoro menyampaikan bahwa keterlibatan PT PAL dalam proyek pembangunan kapal selam bersama Perancis adalah wujud nyata perusahaan galangan kapal terbesar di Indonesia itu berhasil membuktikan kapasitasnya sebagai pemain utama di kancah industri maritim global. 

”PT PAL Indonesia sebagai industri maritim di ASEAN telah memiliki rekam jejak positif dalam proyek-proyek pembangunan kapal militer dan komersial,” ungkap Satriyo.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #prancis #yakin #indonesia #mampu #bangun #kapal #selam #scorpene #surabaya

KOMENTAR