Tangkal Hoaks dan Disinformasi, Meta Luncurkan Hub Pemilu Jelang Pilkada Serentak 2024
Meta luncurkan Hub untuk Pilkada Serentak 2024. (Istimewa).
08:24
9 Oktober 2024

Tangkal Hoaks dan Disinformasi, Meta Luncurkan Hub Pemilu Jelang Pilkada Serentak 2024

Baru-baru ini Meta memperkenalkan Hub Pemilu Meta, sebuah hub berisi informasi seputar Pemilu yang sudah dapat diakses oleh masyarakat dan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada. Hub Pemilu Meta ini berisi berbagai informasi seputar kebijakan Meta dan literasi digital terkait Pilkada.

Hal ini termasuk informasi dan tips bagaimana mengatasi misinformasi, bersikap bijak dalam berkomunikas di dunia digital, serta kiat agar tetap aman saat menggunakan platform digital.

Beberapa topik penting yang dibahas lengkap dalam Hub Pemilu ini misalnya, oraktik terbaik tentang keamanan dan keselamatan, cara bagaimana menyeimbangkan kebebasan berekspresi dan praktik terbaik untuk membangun komunitas.

Selain Hub Pemilu, Meta juga telah melakukan beberapa inisiatif untuk mendukung integritas pelaksanaan Pilkada di Indonesia dan komunitasnya meliputi kemitraan untuk pengecekan fakta pihak ketiga.

Sejumlah media mainstream, Mafindo, dan Agence France-Presse (AFP) juga dirangkul dan akan melakukan verifikasi terhadap konten misinformasi viral yang beredar dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Meta juga memperkenalkan program literasi digital, Asah Digital, di Indonesia pada tahun 2019 untuk memberdayakan masyarakat, khususnya kaum muda, dengan keterampilan literasi digital.

Program ini bermitra dengan lima organisasi masyarakat sipil untuk menyediakan sumber daya dan modul pendidikan guna membantu masyarakat Indonesia mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan menumbuhkan kewarganegaraan digital yang bertanggung jawab dalam komunitas mereka.

Pada tahun 2023, Asah Digital berfokus menjangkau pemilih muda dan pemula, yang mencakup lebih dari 50% kelompok pemilih, melalui kemitraan dengan Love Frankie, USAID, dan YCAB Foundation.

Kampanye Literasi Digital “Saring Daring” bersama USAID dan Love Frankie, kampanye berskala nasional yang mengajak mahasiswa menciptakan video dengan topik terkait kewargaan digital yang bertanggung jawab.

Video yang dihasilkan dimanfaatkan untuk mempromosikan kewargaan digital dan keamanan daring menjelang periode penting pemilu guna mengingatkan pengguna tentang ketahanan daring.

Pelatihan publik bagi partai politik dan penyelenggara pemilu juga dibuat di mana Meta berbagi informasi seputar integritas pemilu, keselamatan dan keamanan, kebijakan misinformasi, serta P5 untuk partai politik. Pelatihan ini menjangkau 2.400 anggota KPU dan Bawaslu di Indonesia serta partai politik peserta Pilkada.

Selain itu ada juga pengingat dan Stiker Pemilu yang akan diaktifkan pada Hari Pilkada. Pengingat Hari Pilkada adalah notifikasi Facebook dan Instagram di bagian atas Feed akun pengguna yang mengingatkan mereka untuk memilih dan mengarahkan mereka ke informasi resmi tentang pemungutan suara.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #tangkal #hoaks #disinformasi #meta #luncurkan #pemilu #jelang #pilkada #serentak #2024

KOMENTAR