Andi Widjajanto Sarankan Persiapan Pembentukan Angkatan Siber Dimulai dari Satuan
Sejumlah prajurit melakukan gladi jelang HUT TNI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (01/10/2024). (Hanung Hambara/Jawa Pos)
20:24
8 Oktober 2024

Andi Widjajanto Sarankan Persiapan Pembentukan Angkatan Siber Dimulai dari Satuan

- Mantan gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto menyarankan pembentukan Angkatan Siber harus dilakukan dengan persiapan matang. Itu bisa dilakukan dengan satuan taktikal atau satuan siber di TNI. Dengan begitu, pemerintah punya waktu untuk menyusun dan menyiapkan pembentukan Angkatan Siber dengan lebih baik. Termasuk di antaranya yang terkait dengan urusan anggaran.

”Angkatan Siber ini tidak akan punya beban alutsista yang usianya 30 tahun. Angkatan Siber ini tidak punya beban ada perwira bintang satu yang nonjob. Tidak ada beban itu. Benar-benar mulai dari nol,” kata Andi Widjajanto pada Selasa (8/10).

Menurut penasihat Senior Laboratorium Indonesia 2045 (LAB45) itu, akan jauh lebih mudah mengatur dan merencanakan anggaran untuk satuan siber ketimbang langsung menyusun rencana anggaran untuk angkatan baru.

Karena itu, bila persiapannya dilakukan jauh hari dan berlangsung secara berjenjang dengan pentahapan yang baik, keinginan menghadirkan Angkatan Siber akan menjadi lebih mudah.

”Jadi, kalau perencanaannya disiapkan secara ajeg dari awal ya akan lebih mudah menyiapkan anggaran untuk Angkatan Siber,” ungkap Andi. Dia pun menyinggung soal sumber daya manusia atau SDM yang bisa mengisi Angkatan Siber.

Sebagai angkatan di bawah TNI, Andi menyatakan bahwa Angkatan Siber mestinya diisi oleh seratus persen militer. Namun demikian, kompetensi mereka harus diperhatikan. Sebab, kebutuhannya tidak sampai dengan TNI AD, TNI AL, maupun TNI AU.

”Nanti sebagai konsekuensinya mungkin di tahun pertama di Akmil akan memiliki kurikulum dasar yang bareng. Tapi, begitu tahun kedua, ketiga, itu kompetensi yang disiapkan akan sangat-sangat beda antara siber dengan angkatan-angkatan lain,” bebernya.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #andi #widjajanto #sarankan #persiapan #pembentukan #angkatan #siber #dimulai #dari #satuan

KOMENTAR