RK Hingga Ahok Hadiri Pelantikan Pimpinan DPRD DKI Jakarta
DPRD DKI Jakarta mengumumkan susunan pimpinan dewan untuk periode 2024-2029. Khoirudin dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dinyatakan bakal menjabat sebagai ketua. (Suara.com/Fakhri)
16:08
4 Oktober 2024

RK Hingga Ahok Hadiri Pelantikan Pimpinan DPRD DKI Jakarta

Sejumlah tokoh politik turut menghadiri rapat paripurna yang beragendakan pengucapan sumpah pimpinan DPRD DKI Jakarta di Gedung DPRD DKI, Jumat (4/10/2024). Mereka menjadi salah satu undangan dalam acara pelantikan pimpinan legislator Kebon Sirih itu.

Pantauan Suara.com, beberapa nama santer yang tak asing lagi ialah Anggota DPR RI dari PDIP Putra Nababan, Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK), eks Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria, dan eks Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

RK mengenakan kemeja putih yang dilapisi jas hitam dan duduk bersebelahan dengan Riza Patria yang juga mengenakan kemeja putih berlapis jas hitam. Riza sendiri merupakan ketua tim pemenangannya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2024.

Sementara, Ahok yang didampingi Putra Nababan mengenakan kemeja putih berlapis jas hitam dan dasi merah. Lalu, Putra Nababan mengenakan kemeja biru yang dilapisi kemeja hitam.

Baca Juga: RK-Suswono Bakal Hadiri Pelantikan Pimpinan Dewan, Sekretaris DPRD DKI Pastikan Tidak Mengundang Cagub

RK dan Ahok duduk di deretan kursi yang sama khusus untuk undangan. Mereka juga terlihat sempat saling bersalaman.

Sebelumnya, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Augustinus angkat bicara soal rencana kehadiran Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut satu, Ridwan Kamil-Suswono ke rapat paripurna pelantikan pimpinan DPRD DKI, Jumat (4/10/2024). Ia mengaku tak mengundang peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2024.

Ia menyebut pihak Sekretariat DPRD tak diwajibkan untuk mengundang Cagub atau Cawagub dalam rapat paripurna kali ini.

"Iya betul (tidak mengundang Cagub-Cawagub)," ujar Augustinus kepada Suara.com, Jumat (4/10/2024).

Sementara, pihaknya hanya mengundang pihak eksekutif, unsur lembaga, mitra DPRD DKI, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Baca Juga: RK-Suswono Akan Hadiri Pelantikan Pimpinan DPRD DKI, Ini Tujuannya

"Untuk undangan Paripurna hari ini. Sekretariat DPRD mengundang unsur Kelembagaan. Yaitu pejabat Pemprov DKI dan Forkominda serta pejabat Instansi Vertikal," jelasnya.

Meski demikian, Augustinus menyebut undangan terhadap pihak lainnya dimungkinkan jika diundang oleh pimpinan dewan selaku pemilik hajat. Pihaknya juga telah menyediakan fasilitas bagi para undangan pimpinan di ruang paripurna.

"Namun dari calon pimpinan DPRD yang akan dilantik hari ini. mereka mengundang relasi dan kolega dari unsur Partai," pungkasnya.

Untuk diketahui, Ketua Sementara DPRD DKI Achmad Yani mengumumkan susunan pimpinan dan struktur fraksi DPRD DKI periode 2024-2029.

Berikut merupakan susunan lengkap pimpinan DPRD DKI periode 2024-2029:

Ketua:
Khoirudin (PKS)

Wakil Ketua:
Ima Mahdiah (PDIP)
Rani Mauliani (Gerindra)
Wibi Andrino (Nasdem)
Basri Baco (Golkar)

Pimpinan serta struktur fraksi rencanaya akan dilantik pada awal Oktober 2024. Karena itu, DPRD DKI hingga kini masih menggunakan susunan pimpinan sementara.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #hingga #ahok #hadiri #pelantikan #pimpinan #dprd #jakarta

KOMENTAR