Medium Tank Harimau, Alutsista Baru yang Tambah Kekuatan Tempur TNI Jelang HUT ke-79 TNI
Medium Tank Harimau buatan PT. Pindad yang diserahkan kepada TNI menjelang HUT ke-79 TNI. (Kemhan)
08:56
3 Oktober 2024

Medium Tank Harimau, Alutsista Baru yang Tambah Kekuatan Tempur TNI Jelang HUT ke-79 TNI

 

- Menjelang peringatan HUT ke-79 TNI pada 5 Oktober mendatang, Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyerahkan sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk TNI.

Secara keseluruhan ada ratusan alutsista yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra kepada Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto pada Rabu (2/10). Salah satunya Medium Tank Harimau buatan PT. Pindad

Direktur Utama (Dirut) PT. Pindad, Abraham Mose menyampaikan bahwa secara keseluruhan ada delapan unit Medium Tank Harimau yang dibeli oleh Kemhan untuk diserahkan kepada TNI.

”Jadi, kami sangat berterima kasih kepada pemerintah,  dalam hal ini Kemhan, yang sudah memberikan kepercayaan buat Pindad untuk terus eksis. Hari ini kami membuktikan menyerahkan kendaraan tempur untuk mendukung operasional TNI,” terang dia.

Berdasar data dari PT. Pindad, Medium Tank Harimau memiliki sejumlah keunggulan. Diantaranya terletak pada bagian sistem senjata.

Medium Tank Harimau yang diserahkan oleh Kemhan kepada TNI menjelang acara puncak HUT ke-79 TNI pada 5 Oktober nanti sudah dilengkapi dengan persenjataan utama kanon kaliber 105 milimeter, senapan mesin kaliber 7,62 milimeter, serta dilengkapi teknologi modern seperti Laser Warning System dan Battle Management System. 

Menurut Abraham, serah terima ratusan alutsista baru dari Kemhan kepada TNI merupakan momen penting. Apalagi agenda tersebut berlangsung beberapa hari jelang acara puncak HUT ke-79 TNI yang tahun ini dipusatkan di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat. Menurut Abraham, serah terima ratusan alutsista tersebut sekaligus menjadi penegasan bahwa industri pertahanan dalam negeri terus berkembang. 

”Acara ini merupakan momen yang penting untuk menunjukkan kemajuan dan dukungan terhadap kemampuan pertahanan nasional. Penyerahan (ratusan alutsista) ini kami harapkan dapat membangkitkan kembali kepercayaan terhadap industri pertahanan dalam negeri, terutama Pindad, serta pentingnya mendukung industri pertahanan lokal agar kedepannya Pindad bisa mendapatkan kontrak yang lebih besar dan terus berinovasi dalam pengembangan produk pertahanan,” terang dia. 

 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #medium #tank #harimau #alutsista #baru #yang #tambah #kekuatan #tempur #jelang

KOMENTAR