Cara Kun Wardana Hadirkan Internet Gratis 100 Mbps di Setiap Rumah di Jakarta
Kun Wardana menyampaikan keterangan kepada awak media di Jakarta pada Kamis (26/9). (Syahrul Yunizar/JawaPos.com)
17:32
26 September 2024

Cara Kun Wardana Hadirkan Internet Gratis 100 Mbps di Setiap Rumah di Jakarta

Calon Wakil Gubernur Jakarta Nomor Urut 2 Kun Wardana punya keinginan kuat untuk menghadirkan internet gratis di setiap rumah di Jakarta. Tidak tanggung-tanggung, dia ingin setiap rumah di Jakarta sudah terkoneksi dengan internet berkecepatan minimum 100 megabyte per second (mbps). Bagaimana ide tersebut bisa terwujud? Kun menjelaskan bahwa pihaknya akan menggaet pihak swasta atau operator untuk bekerja sama. 

Keterangan tersebut disampaikan oleh Kun usai hadir dalam Forum Purna Pejabat Pemprov DKI Jakarta di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan pada Kamis (26/9). Menurut dia, ide tersebut sangat mungkin untuk direalisasikan. Bahkan tidak melulu harus mengandalkan anggaran dari Pemerintah Daerah (Pemda) Jakarta. Kerja sama dengan pihak swasta menjadi salah satu opsi yang potensial untuk mewujudkan ide tersebut. 

”Kami akan bekerja sama dengan operator. Operator itu kami minta untuk bisa menyediakan (internet gratis di setiap rumah di Jakarta dengan kecepatan minimal 100 mbps) itu,” terang dia. 

Lantas apa yang diperoleh operator bila bersedia bekerja sama dengan Pemda Jakarta? Kun menyatakan bahwa mereka akan mendapat insentif pajak. Dengan begitu, operator diuntungkan, pemerintah diuntungkan, dan masyarakat Jakarta juga diuntungkan. Bagi Kun Wardana, di era digital seperti saat ini sudah seharusnya masyarakat Jakarta punya akses mudah untuk menjangkau internet berkecepatan tinggi. 

Kun bersama pasangannya, Dharma Pongrekun tidak ingin ada diskriminasi atau persoalan yang mereka sebut kesenjangan digital. Karena itu, ide menghadirkan internet gratis dengan kecepatan minimal 100 mbps muncul dari pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta dari jalur independen tersebut. Jika terpilih, mereka memastikan bahwa seluruh rumah di Jakarta akan terkoneksi dengan internet. 

”Semua rumah, kami tidak ingin ada diskriminasi dari penerimaan informasi. Iya gratis. Karena kesenjangan digital ini yang kami ingin kurangi. Jadi, semua memiliki hak yang sama terhadap informasi,” tegas Kun. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #cara #wardana #hadirkan #internet #gratis #mbps #setiap #rumah #jakarta

KOMENTAR