Mabes TNI Selenggarakan FGD Angkatan Siber
Kasum TNI Jenderal TNI Richard T. H. Tampubolon hadir dalam FGD Mewujudkan Angkatan Siber sebagai Matra Keempat TNI Dalam Menghadapi Tuntutan Tugas dan Perkembangan Lingkungan Strategis. (Puspen TNI)
17:40
25 September 2024

Mabes TNI Selenggarakan FGD Angkatan Siber

Wacana pembentukan matra keempat TNI, Angkatan Siber, direspons oleh Markas Besar (Mabes) TNI dengan menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) dengan tajuk Mewujudkan Angkatan  Siber sebagai Matra Keempat TNI Dalam Menghadapi Tuntutan Tugas dan Perkembangan Lingkungan Strategis. FGD yang diselenggarakan oleh Staf Ahli Panglima TNI itu berlangsung di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Rabu (25/9). 

Melalui sambutan yang disampaikan oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Richard T. H. Tampubolon, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, mengungkapkan bahwa dinamika perkembangan lingkungan strategis saat ini memberikan multiplier effect terhadap geopolitik dan geostrategi suatu negara, termasuk Indonesia. Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 berdampak pada aspek militer. Mulai doktrin, taktik dan teknik bertempur, serta cara berperang. 

”Medan operasi yang sebelumnya hanya mencakup operasi di darat, laut, udara dan ruang angkasa, kini bertambah mencakup ruang siber,” kata dia. 

FGD tersebut diikuti oleh 162 peserta yang hadir secara langsung. Baik dari unsur TNI, Polri, maupun kementerian dan lembaga. Selain itu ada 110 partisipan dari jajaran komando utama TNI seperti Kodam, Koarmada, dan Koopsud yang hadir secara dalam jaringan (daring) atau online. Dalam FGD tersebut turut hadir beberapa narasumber dan ahli. Diantaranya adalah Chairman CISSReC Pratama Persadha. 

Di akhir sambutan yang dibacakan oleh kasum TNI, dijelaskan bahwa sudah seharusnya TNI meningkatkan kapasitas dan kemampuannya untuk bersiap diri agar mampu menjaga dan melindungi berbagai ancaman di ruang siber. ”TNI harus memiliki kemampuan deteksi dini, respons cepat, dan mitigasi serangan siber untuk mencegah kerusakan dan gangguan operasional,” ungkap jenderal bintang tiga Angkatan Darat tersebut. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #mabes #selenggarakan #angkatan #siber

KOMENTAR