Apa Itu ICEC, Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia yang baru Deklarasi
Pemred Kabar Makassar Upi Asmaradhana dan Wamen Kominfo Nezar Patria (Facebook Upi)
18:08
22 September 2024

Apa Itu ICEC, Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia yang baru Deklarasi

Satu lagi organisasi berkaitan dengan media resmi diluncurkan. Bertepatan dengan 20 September 2024,  sejumlah Pemimpin Redaksi media dari berbagai daerah di Nusantara menyelenggarakan Kongres Indonesia Chief Editors Club (ICEC) atau Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (PPRI) yang pertama.

Upi Asmaradhana, salah satu deklarator ICEC, menyatakan bahwa kongres ini merupakan tindak lanjut dari Deklarasi ICEC yang telah berlangsung pada Hari Pers Internasional, 3 Mei 2024, di Palembang, Sumatera Selatan. Setelah hampir lima bulan berlalu, Tim Ad HOC ICEC berhasil menyusun Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta agenda kongres perdana ini.

"ICEC bertujuan sebagai wadah bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media," ujar Upi. Ia menekankan bahwa organisasi ini juga bertujuan untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik, sejalan dengan bisnis media yang sehat dan berkelanjutan.

Media memiliki peran penting dalam fungsi kontrol sosial dan menyuarakan suara masyarakat. Oleh karena itu, pemimpin media atau pemimpin redaksi (Pemred) memegang peranan kunci dalam menentukan arah pemberitaan yang mengutamakan kepentingan publik demi kesejahteraan masyarakat.

"Dalam mengelola redaksi, Pemred memerlukan wadah untuk bertukar ide dan keahlian guna meningkatkan kapasitas dan integritas newsroom," lanjut Upi. Selain itu, Pemred juga membutuhkan platform untuk berkoordinasi agar dapat bersama-sama mengungkap kebenaran tanpa intervensi dari pihak manapun, termasuk pemilik media.

Guna memenuhi kebutuhan tersebut, dibentuklah Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (ICEC) dengan visi mengawal kepentingan publik menuju independensi media.

Kongres ini diharapkan dapat menjadi momentum penting bagi para pemimpin redaksi dalam memperkuat kolaborasi dan komitmen terhadap jurnalisme yang berkualitas serta bertanggung jawab di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, adapun Organizing Committe (OC) dalam hal ini adalah Nila Ertina Rosniawanti. Sementara  Steering Committee (OC) yakni, Upi Asmaradhana, M Djufri Rachim, I Nengah Muliarta, Eric Somba Nurkholis, Rusman, dan Zuhri Muhammad

Dan akhirnya, Kongres I Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia atau Indonesia Chief Editors Club (ICEC) diselenggarakan secara virtual, dengan tema Mengembalikan Kepercayaan Publik Terhadap Media dengan Jurnalisme Berkualitas, Jumat malam (20/9/2024) yang telah memilih tujuh presidium dan Badan Pertimbang Organisasi serta Majelis Kehormatan.

Sebelumnya Kongres I ICEC dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Kominfo, Nezar Patria yang juga  memaparkan materi terkait dengan peran strategis ekosistem jurnalisme dalam menjaga demokrasi.

Nezar mengatakan ada tiga prinsip ekosistem jurnalisme dalam menjaga demokrasi yaitu independen, berkualitas dan pluralistik.

"Ekosistem jurnalisme idealnya mendukung profesionalisme, melibatkan publik dan tentunya semakin berkualitas tak hanya dari produk jurnalistik tetapi juga persaingan usaha yang sehat," kata dia.

Nezar menambahkan saat ini  terjadi perubahan signifikan industri media, salah satu faktornya adalah bergesernya preferensi konsumen dengan dukungan teknologi digital.

Pembaca menginginkan informasi yang mudah diakses darimana pun, tambah dia.

Sementara Kongres I ICEC yang berlangsung hingga pukul 23.45 WIB, diikuti 120 peserta dan 75 peninjau berhasil memilih tujuh presidium yaitu Erik Somba, Rusman, Djufri Rachim, Insany dan Yatimul Ainun, Zuhri Muhammad dan Nila Ertina FM.

Kongres  juga memilih Badan Pertimbangan Organisasi yaitu Upi Asmaradhana,  Nurkholis dan  Nengah Muliarta, tak ketinggalan juga terpilih lima orang Majelis Kehormatan dengan komposisi tiga dari eksternal dan dua internal ICEC, Hendrayana, Yosep Adi Prasetyo, Yenti Garnasih, Maryadie dan Wenseslaus Manggut.

Ketua Presidium ICEC, Erik Somba, menegaskan bahwa pembentukan kepengurusan ini merupakan impian yang telah diperjuangkan selama tiga tahun terakhir. "Menghadirkan jurnalisme berkualitas di tengah disrupsi digital bukan hanya tantangan, tetapi juga komitmen kami untuk memenuhi hak publik akan informasi yang akurat," jelas Erik.

ICEC, yang dideklarasikan pada World Press Freedom Day, 3 Mei 2024, oleh 57 pemimpin redaksi di Palembang, kini siap mengemban visi besar: mewujudkan kemerdekaan pers yang bertanggung jawab, profesional, independen, dan berpihak pada kepentingan publik. Adapun misi ICEC mencakup tiga poin utama, yakni sebagai wadah silaturahmi antar pemimpin redaksi, ruang bertukar ide dan keahlian dalam mengelola media, serta menjaga profesionalisme jurnalisme dengan mengutamakan kebenaran data dan fakta.

Dengan terbentuknya ICEC, masa depan jurnalisme Indonesia diharapkan dapat lebih berdaya menghadapi tantangan disrupsi digital, sekaligus mengembalikan kepercayaan publik terhadap media.

Editor: Suwarjono

Tag:  #icec #perhimpunan #pemimpin #redaksi #indonesia #yang #baru #deklarasi

KOMENTAR