Wakili Asia-Pasifik Bahas Malaria di New York, SBY Pamit ke Jokowi
Jokowi menerima kunjungan SBY di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin (21/9). Dalam pertemuan itu SBY menyampaikan penugasannya sebagai penasihat khusus Aliansi Sedunia untuk Membasmi Malaria. (LAILY RACHEV/SETPRES)
14:08
22 September 2024

Wakili Asia-Pasifik Bahas Malaria di New York, SBY Pamit ke Jokowi

- Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono kembali bersua kemarin (21/9) sejak pertemuan terakhir 11 bulan lalu di Istana Bogor.

Hasil pertemuan pada 29 hari menjelang purnatugas Jokowi itu salah satunya kesepahaman mendukung pemerintahan Prabowo Subianto.

”Selain yang disampaikan beliau, Bapak SBY, kita juga sepakat, Pak SBY dan saya untuk memberikan dukungan penuh kepada pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Pak Prabowo Subianto,’’ kata Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka Jakarta.

Kesepahaman itu dihasilkan dari pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit di Ruang Jepara, Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan itu, SBY juga menyampaikan amanah baru yang diterimanya. ”Pagi ini saya menghadap Bapak Presiden sehubungan dengan peran dan amanah yang saya jalankan sebagai penasihat khusus Aliansi Sedunia untuk Membasmi Malaria,’’ kata SBY kepada wartawan.

SBY juga berniat untuk menemui presiden terpilih Prabowo Subianto dan menyampaikan hal serupa sehubungan dengan agenda summit Aliansi Sedunia untuk Membasmi Malaria di Indonesia pada 2025.

Pria kelahiran Pacitan itu mewakili Asia-Pasifik untuk global council yang ada di New York. Menurut SBY, dirinya merasa wajib untuk melapor kepada Jokowi karena mendapat peran di dunia internasional. Hal itu bagian dari etika politik. Dalam pertemuan tersebut, SBY juga berpamitan kepada Jokowi karena akan menghadiri forum Asia-Pacific Leaders Malaria Alliance (APLMA) di New York.

SBY memaparkan, Indonesia punya kepentingan untuk menurunkan angka penyakit malaria di dalam negeri. ’’Saya juga punya komitmen untuk Asia-Pasifik. Saya pamit tadi untuk berangkat ke New York selama sekitar seminggu untuk membahas ini,’’ kata SBY. (lyn/ant/c6/oni)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #wakili #asia #pasifik #bahas #malaria #york #pamit #jokowi

KOMENTAR