KPK Pastikan Dalami Soal Klaim Kaesang yang Ngaku Nebeng Jet Pribadi Teman
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berjalan usai memberikan klarifikasi terkait jet pribadi di Gedung ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (17/9/2024). (Fedrik Tarigan/ Jawa Pos)
07:08
19 September 2024

KPK Pastikan Dalami Soal Klaim Kaesang yang Ngaku Nebeng Jet Pribadi Teman

  Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan memastikan, pihaknya akan mendalami klaim Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep yang mengaku nebeng pesawat jet pribadi temannya saat perjalanan ke Amerika Serikat (AS), pada 18 Agustus 2024.    "Tapi yang bilang dia nebeng nanti gua tanya, nebeng ke siapa, pasti kita tanya," kata Pahala di Gedung Sekretariat Negara (Setneg), Jakarta, Rabu (18/9).   Pahala menjelaskan, berdasarkan informasi yang diterima, dalam penerbangan dari Jakarta itu terdapat empat orang, termasuk Kaesang dan istrinya Erina Gudono. Bahkan, KPK sebelumnya menyebut, Kaesang mengajak stafnya dan kakak dari istrinya.  

  "Dia berangkat berempat. Dari Jakarta berempat," ucap Pahala.   Pahala tak mengetahui apakah dalam penerbangan itu Kaesang bersama pemilik pesawat atau tidak. Sebab, merujuk informasi yang diterima, dalam pesawat terdapat empat penumpang termasuk Kaesang.   "Di situ disebut empat orang. Soal siapa disitu nggak tau gua, pilotnya berapa orang, krunya gua nggak ngerti, tujuannya ke mana, belok dulu ke mana, belum sedetail itu," tegas Pahala.  

  Tim kuasa hukum Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, Nasrullah sebelumnya menyatakan bahwa di dalam pesawat jet pribadi yang ditumpangi Kaesang tak hanya empat orang. Melainkan terdapat delapan orang penumpang, termasuk pemilik pesawat.   "Kami sudah sampaikan kemarin semua data dan informasi ke KPK. Misalkan di pesawat itu ada 8 orang penumpang," ucap Nasrullah kepada wartawan, Rabu (18/9).   "Empat orang dari pemilik pesawat dan empat orang dari Mas Kaesang. Mereka berangkat bersamaan dari Jakarta ke Amerika," sambungnya.  

  Nasrullah menyerahkan sepenuhnya polemik penerimaan fasilitas jet pribadi itu ke KPK. Ia meminta publik tak berspekulasi lebih jauh terkait hal tersebut.   "Semua data dan informasi sudah kami sampaikan ke KPK. Mohon jangan berspekulasi tanpa mengkonfirmasi kepada KPK," pungkas Nasrullah.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #pastikan #dalami #soal #klaim #kaesang #yang #ngaku #nebeng #pribadi #teman

KOMENTAR