Tepis Temuan Pansus Hak Angket Haji DPR, Kemenag Klaim Semua Layanan Haji Sesuai Permenag 9/2016
LEBIH LENGKAP: Subhan Cholid (kanan) meninjau fasilitas untuk jemaah haji di dalam tenda di Arafah, Selasa (30/5). (MEDIA CENTER HAJI 2023)
17:16
18 September 2024

Tepis Temuan Pansus Hak Angket Haji DPR, Kemenag Klaim Semua Layanan Haji Sesuai Permenag 9/2016

- Kementerian Agama (Kemenag) menampik temuan tim Pansus Hak Angket Haji DPR. Khususnya terkait penyediaan katering jemaah haji yang disebut tidak bercita rasa Nusantara. Kemenag memastikan, layanan makanan yang disiapkan sudah sesuai dengan kontrak.

’’Jemaah haji mendapatkan menu Nusantara selama di Saudi,’’ kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag Subhan Cholid di Jakarta kemarin (17/9). Namun, dia mengakui Kemenag tidak bisa memberikan pelayanan sesuai dengan lidah atau selera 213 ribu lebih jemaah reguler.

Subhan pun mencontohkan menu Nusantara yang disiapkan. Di antaranya, nasi kuning, orek tempe, dan sambal goreng kentang. Kemudian, ada ikan tuna cabai hijau, telur orak-arik, nasi uduk, sampai telur dadar balado. Menu Nusantara lainnya adalah rendang daging, terong balado, dan ikan patin goreng.

Selain itu, Subhan menegaskan, seluruh pengadaan layanan haji 2024 di Arab Saudi sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Aturan pengadaan layanan misi haji tertuang dalam Peraturan Menteri Agama (Permenag) 9/2016. Berdasar regulasi itu, seluruh prosesnya dilakukan tim independen, juga diawasi tim dari Itjen Kemenag serta diperiksa tim dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). (wan/c7/dio)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #tepis #temuan #pansus #angket #haji #kemenag #klaim #semua #layanan #haji #sesuai #permenag #92016

KOMENTAR