Datang ke KPK, Kaesang Minta Arahan Bukan Akui Gratifikasi, Pahala: Jadi Dia Udah Antisipasi
Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan. [Suara.com/Dea]
17:48
17 September 2024

Datang ke KPK, Kaesang Minta Arahan Bukan Akui Gratifikasi, Pahala: Jadi Dia Udah Antisipasi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bantah bahwa Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengakui adanya gratifikasi pada penggunaan jet pribadi.

Pernyataan itu disampaikan Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan setelah menerima klarifikasi Kaesang perihal dugaan gratifikasi pada penggunaan jet pribadi ke Amerika Serikat.

"Nggak, nggak (mengakui gratifikasi)," kata Pahala di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

Menurutnya, saat menyampaikan klarifikasinya, Kaesang juga meminta arahan kepada KPK terkait dugaan gratifikasi dirinya.

Baca Juga: Alasan Kaesang Sambangi KPK: Bukan Karena Undangan atau Panggilan

"Dia justru minta arahan kayak apa? Kan namanya melapor itu kan harus pakai formulir kan. Jadi dia udah antisipasi, kalau kita sebut lapor, ya silakan lapor. Kalau lapor, nanti kita analisa," ujar Pahala.

Sebelumnya, Kaesang mengeklaim dirinya hadir ke KPK atas inisiatif sendiri untuk melakukan klarifikasi terkait dugaan gratifikasi pada penggunaan jet pribadi.

"Jadi hari ini, kedatangan saya ke KPK, sebagai warga negara yang baik. Saya bukan penyelenggara negara, saya bukan pejabat," kata Kaesang di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

"Saya datang ke sini bukan karena undangan, bukan karena panggilan, tapi inisiatif saya sendiri," tambah dia.

Menurut Kaesang, hal yang diklarifikasi kepada KPK hari ini berkaitan dengan perjalanannya menggunakan jet pribadi belum lama ini.

Baca Juga: Dibeberkan KPK, Kaesang Klarifikasi soal Jet Pribadi Sebagai Anak Presiden Jokowi

Sekadar informasi, Kaesang dilaporkan ke KPK atas dugaan gratifikasi oleh Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidillah Badrun terkait penggunaan jet pribadi.

Diketahui, jet pribadi yang ditumpangi Kaesang dan istrinya, Erina Gudono santer dibahas pengguna media sosial. Penggunaan jet pribadi berupa Gulfstream G650ER tersebut awalnya diketahui dari foto jendela yang ditampilkan Erina pada Instagram Story.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #datang #kaesang #minta #arahan #bukan #akui #gratifikasi #pahala #jadi #udah #antisipasi

KOMENTAR