Dua Fokus Polisi saat IKN di Kaltim Dibuka untuk Umum
Foto menunjukkan Istana Kepresidenan Indonesia yang baru di masa depan di ibu kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (11/7/2024). [Yasuyoshi CHIBA / AFP]
14:00
16 September 2024

Dua Fokus Polisi saat IKN di Kaltim Dibuka untuk Umum

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mulai membuka kunjungan umum bagi masyarakat ke ibu kota baru Indonesia yang berlokasi Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin (16/9/2024).

Terkait ini, Kapolres Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Supriyanto menginstruksikan Polsek Sepaku menyiagakan personel untuk menjaga keamanan dan kelancaran lalu lintas.

"Kami instruksikan Polsek Sepaku untuk siagakan personel di lapangan, yang wilayah kerja berada paling dekat kawasan IKN," ujar Supriyanto di Penajam, Senin (16/9/2024).

Supriyanto mengatakan untuk kelancaran lalu lintas di sepanjang jalan poros di Kecamatan Sepaku, antisipasi kepadatan arus lalu lintas telah dilakukan.

Baca Juga: Jokowi Kembali Berkantor Di IKN, Bakal Rapat Bareng Pejabat TNI-Polri

"Apabila diperlukan personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Penajam Paser Utara, juga diterjunkan membantu Polsek Sepaku," kata Supriyanto.

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) membuka kunjungan umum bagi masyarakat ke ibu kota baru Indonesia yang berlokasi Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, mulai Senin (16/9).

Masyarakat umum boleh melakukan kunjungan ke ibu kota masa depan Indonesia tersebut setiap hari dari pukul 09.00-17.00 WITA, dengan panduan yang telah ditetapkan dan mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi IKNOW.

Masyarakat umun yang bakal melakukan kunjungan ke Kota Nusantara dibatasi dengan jumlah 300 orang per hari.

Taman Kusuma Bangsa di Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Pase Utara, Provinsi Kalimantan Timur, salah satu area yang dapat dikunjungi masyarakat umum (ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan)Taman Kusuma Bangsa di Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Pase Utara, Provinsi Kalimantan Timur, salah satu area yang dapat dikunjungi masyarakat umum (ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan)

Polsek Sepaku menyiagakan personel di sejumlah posko, kata Kepala Polsek (Kapolsek) Sepaku Inspektur Polisi Satu (IPTU) Syarifuddin, apabila terjadi kemacetan dan lainnya langsung ditangani personel yang berada di sekitar lokasi tersebut.

"Sudah disiagakan personel di posko, kami ada unit lalu lintas bisa langsung tangani untuk mengurai kemacetan apabila terjadi kepadatan arus lalu lintas," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Berkantor di IKN Mulai Besok Tapi Kasetpres Tetap di Jakarta, Mengapa?

Lebih lanjut, kepadatan arus lalu lintas yang biasa terjadi di Kecamatan Sepaku, yakni di kawasan Pasar Rebo Desa Sukaraja terutama pada saat hari pasar, sebab banyak masyarakat datang untuk belanja dan parkir kendaraan di pinggir jalan.

Kemacetan di kawasan Pasar Rebo tersebut sering terjadi karena juga ruas jalan di sepanjang kawasan pasar sempit, tetapi kendaraan masih bisa jalan tidak macet total, demikian Syarifuddin. (Antara)

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #fokus #polisi #saat #kaltim #dibuka #untuk #umum

KOMENTAR