21 Pengurus Provinsi dan 25 Anggota Luar Biasa Hadiri Munaslub Kadin di Jakarta Hari Ini
Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia digelar di Hotel St Regis, Jakarta, Sabtu (14/9/2024). 
17:06
14 September 2024

21 Pengurus Provinsi dan 25 Anggota Luar Biasa Hadiri Munaslub Kadin di Jakarta Hari Ini

Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia digelar di Hotel St Regis, Jakarta, Sabtu (14/9/2024).

Munaslub ini dihadiri 21 Pengurus Provinsi dan 25 Anggota Luar Biasa (ALB), yang berasal dari asosiasi pengusaha.

Sejumlah pejabat dan pengusaha turut menghadiri Munaslub ini.

Diantaranya Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan P Roeslani dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Munaslub juga dihadiri Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Anindya Bakrie.

Ketua Kadin Bangka Belitung Thomas Jusman mengatakan digelarnya Munaslub ini sebagai upaya menyikapi dinamika yang terjadi dalam Kadin indonesia.

"Kami menyikapi dinamika yang terjadi dalam Kadin Indonesia, demi kepentingan Kadin Indonesia yang lebih baik ke depan," ujar Thomas dalam keterangannya.

Kata dia, Munaslub Kadin merupakan jalan terbaik untuk iklim dunia usaha dan kebaikan bersama.

Hal ini mengingat Kadin merupakan tempat berhimpun para pengusaha dan asosiasi yang netral dan konsisten sebagai mitra strategis Pemerintah.

Meski Kadin pusat menyatakan bahwa Munaslub ini menyalahi AD/ART, Thomas menegaskan bahwa Munaslub adalah bagian dari mekanisme organisasi yang bisa diusulkan oleh Ketua Kadin provinsi dan asosiasi pengusaha yang merupakan anggota luar biasa Kadin Indonesia.

"Semangatnya demi kepentingan Kadin Indonesia ke depan. Untuk perkembangan lebih lanjut, kita ikuti saja," jelasnya dikutip dari Kontan.co.id.

Saat ditanya mengenai calon kandidat pengganti Arsjad Rasjid, Thomas tidak memberikan keterangan lebih lanjut.

Namun, ketika ditanya mengenai kemungkinan Arsjad akan digantikan oleh Anindya Bakrie, putra dari konglomerat Aburizal Bakrie, Thomas tidak membantahnya.

"Diikuti saja perkembangannya," ujarnya.

Thomas juga menekankan bahwa sebagai wadah pengusaha, Kadin harus netral dan tetap konsisten membangun sinergi dengan pemerintah, mengingat peran strategis Kadin sebagai mitra pemerintah.

"Ini tentang keselarasan dengan tata laksana pemerintahan serta manfaat bagi kemajuan daerah-daerah," pungkasnya.

Sebagai informasi, Kadin Indonesia adalah organisasi yang berfungsi sebagai wadah bagi pengusaha dan mitra strategis pemerintah yang ditetapkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 (UU Kadin) dan ditegaskan dalam Keppres No. 18 tahun 2022 tentang AD/ART Kadin Indonesia.

Dimana M Arsjad Rasjid PM merupakan Ketua Umum Kadin Indonesia terpilih masa bakti 2021-2026.

Arsjad Rasjid dipilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia masa bakti 2021-2026 berdasarkan keputusan bersama pada Munas VIII Kadin Indonesia tertanggal 30 Juni 2021, di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kadin Indonesia sebelumnya mengatakan usulan sejumlah Kadin Provinsi menggelar Munaslub bertentangan dengan anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kadin Indonesia.

Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi, Kadin Indonesia Eka Sastra mengatakan, upaya Munaslub dengan agenda menggantikan Ketua Umum juga berpotensi menimbulkan perpecahan di tubuh organisasi yang nantinya merugikan iklim dunia usaha nasional.

Sumber: Tribunnews.com/Kontan.co.id

 

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #pengurus #provinsi #anggota #luar #biasa #hadiri #munaslub #kadin #jakarta #hari

KOMENTAR