6 Tokoh Bela Gibran soal Polemik Akun Fufufafa yang Hina Prabowo
Gibran Rakabuming Raka, Minggu (21/1/2024), di Jakarta Convention Center (JCC). 
16:17
14 September 2024

6 Tokoh Bela Gibran soal Polemik Akun Fufufafa yang Hina Prabowo

- Sejumlah pihak membela Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka terkait dugaan kepemilikan akun media sosial Kaskus, Fufufafa.

Diketahui, akun tersebut belakangan viral lantaran sering melontarkan komentar berisi hinaan-hinaan kepada Prabowo Subianto dan keluarganya, sejak bertahun-tahun silam. 

Bahkan, akun tersebut juga banyak menyenggol artis-artis Tanah Air.

Publik mencurigai akun Fufufafa itu adalah milik Gibran.

Pasalnya, berbagai bukti sejumlah unggahannya dulu beredar luas di X, dulu Twitter.

Namun, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu memberikan bantahan.

"Lha mbuh, takono sing nduwe akun (nggak tahu, tanya saja pemilik akunnya)" ucap Gibran di Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/9/2024).

Tidak lama setelah itu, banyak pihak mulai membela Gibran, termasuk satu di antaranya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Berikut beberapa pihak yang membela Gibran.

1. Menkominfo Budi Arie

Budi Arie menegaskan akun Fufufafa bukan milik Gibran.

"Bukanlah, bukan (Gibran)," kata Budi saat ditemui di DPR RI, Jakarta, Selasa (10/9/2024) sore.

Terpisah, Budi Arie juga menyatakan bahwa hal ini sebagai bentuk upaya adu domba. 

"Bukan, bukan (milik Gibran). Itu upaya adu domba,” ujar Budi Arie singkat saat di kawasan Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2024).  

Meski demikian, Budi mengaku belum mengetahui siapa pemilik akun tersebut. 

"Ya mana saya tahu," lanjutnya. 

Pihaknya mengatakan, Kominfo saat ini tengah menelusuri siapa pemilik akun Kaskus Fufufafa yang berisi hinaan terhadap presiden terpilih Prabowo Subianto pada masa Pemilu 2014.

"Sudah kita track. Ada tim yang mengecek, yang pasti bukan punya Mas Gibran," tegas Budi Arie.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024). Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024). (Tribunnews.com/ Igman Ibrahim)

2. Komandan Pemilih Muda TKN Prabowo-Gibran

Bantahan juga turut disampaikan Komandan Pemilih Muda TKN Prabowo-Gibran, Arief Rosyid Hasan

Arief memastikan akun Fufufafa bukan milik putra sulung Jokowi.

Ia pun meminta masyarakat tidak mempercayai isu yang beredar di media sosial.

"Mas Gibran sudah sampaikan kan bahwa itu tidak benar ya. Ya kita kan mesti tabayyun ya, jadi bangsa ini juga mesti lebih bijak. Apalagi para pengguna medsos dan lain-lain."

"Karena begitu Mas Gibran sudah bilang bukan, tentu ya kita harus juga percaya. Enggak boleh kita berprasangka negatif atau bahkan memfitnah," kata Arief dalam acara soft launching Muda Menyala di TKN Fanta HQ, Menteng, Jakarta, Rabu (11/9/2024). 

Komandan TKN Fanta Prabowo-Gibran, Arief Rosyid Hasan saat ditemui awak media di Fanta HQ, Jalan Surabaya, Jakarta, Jumat (9/2/2024) malam. Komandan TKN Fanta Prabowo-Gibran, Arief Rosyid Hasan saat ditemui awak media di Fanta HQ, Jalan Surabaya, Jakarta, Jumat (9/2/2024) malam. (Tribunnews.com/ rizki sandi saputra)

3. Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Prabowo tidak ambil pusing soal akun tersebut.

Bahkan, lanjut Dasco, Prabowo tidak pernah membahas apapun soal akun tersebut.

"Setahu saya, Pak Prabowo enggak terlalu pusing yang gitu-gitu," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Kamis (12/9/2024) lalu dikutip dari Kompas.com.

Pihaknya pun menegaskan hal ini tidak membuat keretakan antara Prabowo dan Gibran.

“Jadi akun itu aja enggak sempat dibahas apa-apa, bagaimana kemudian ngebikin keretakan, kan gitu,” ujar Dasco.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad saat ditemui di Gedung Nusantara II DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2024). Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad saat ditemui di Gedung Nusantara II DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2024). (Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)

4. Politikus Golkar 

Politikus Partai Golkar Dave Laksono yakin mengatakan akun Kaskus Fufufafa bukanlah milik Gibran.

Anggota Komisi I DPR RI ini justru berpandangan ada yang ingin membuat perpecahan di dalam pemerintahan baru.

"Kan sudah disampaikan di media dan itu sudah cukup bahwa itu bukan Gibran dan itu orang yang ingin memicu perpecahan," kata Dave di Kantor Pusat Pimpinan Kolektif (PPK) Kosgoro 1957, Jakarta Selatan, baru0baru ini.

Menurut Dave, masalah ini tidak pernah dibahas dalam internal Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Ketua DPP Golkar Dave Laksono di Merlynn Hotel, Jakarta Pusat, menghadiri Pembukaan Musyawarah Besar DPP Gerakan Advokasi dan Hukum KOSGORO 1975, Sabtu (1/4/2023). Ketua DPP Golkar Dave Laksono di Merlynn Hotel, Jakarta Pusat, menghadiri Pembukaan Musyawarah Besar DPP Gerakan Advokasi dan Hukum KOSGORO 1975, Sabtu (1/4/2023). (Tribunnews.com/Mario Christian Sumampow)

5. Eks Komandan Relawan TKN

Eks Komandan Relawan TKN Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024, Haris Rusly Moti menyebut tujuan utama dimunculkannya rumor-rumor tersebut untuk melemahkan konsolidasi pemerintahan Prabowo-Gibran di awal masa pemerintahan.

“Seperti akun Fufufafa sengaja diviralkan untuk tujuan merenggangkan hubungan baik presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Presiden Jokowi dan wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka,” kata Haris.

Namun, pihaknya meyakini upaya tersebut gagal.

Sebab, Haris meyakini Prabowo dan Gibran hanya melihat rumor yang beredar sebagai hiburan.

“Saya cukup yakin upaya adu domba yang dilakukan dengan menebar rumor dan intrik halus seperti itu Insya Allah menuai hasil tangan hampa, gagal,” ucap  Haris.

Komandan Relawan Prabowo-Gibran, Haris Rusly Moti, mengumumkan rencana aksi damai 100 ribu pendukung Prabowo-Gibran di Mahkamah Konstitusi (MK) RI, dalam jumpa pers di Sekretariat Bersama Relawan Prabowo Gibran di Jakarta, Rabu (17/4/2024).  Komandan Relawan Prabowo-Gibran, Haris Rusly Moti, mengumumkan rencana aksi damai 100 ribu pendukung Prabowo-Gibran di Mahkamah Konstitusi (MK) RI, dalam jumpa pers di Sekretariat Bersama Relawan Prabowo Gibran di Jakarta, Rabu (17/4/2024).  (Tribunnews.com/Muhammad Zulfikar)

6. Bendahara Umum Relawan Projo

Bendahara Umum Relawan Projo Panel Barus pun mengeklaim, hubungan Jokowi, Prabowo, dan Gibran sama sekali tidak terganggu dengan cuitan Fufufafa.

Publik juga diminta tidak bingung dengan hubungan tiga tokoh tersebut karena ketiganya sama-sama sedang adem ayem.

"Saya pikir upaya-upaya itu tidak akan pernah berhasil, upaya-upaya itu pasti akan gagal. Yang terkini adalah isu terkait akun Fufufafa, saya pikir ini juga sama, ini juga upaya dari pihak-pihak yang menjalankan politik pecah belah," ujar Panel di DPP Projo, Jakarta Selatan.

Bendahara Umum DPP Projo Panel Barus saat ditemui di kantor DPP Projo, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (3/8/2024). Bendahara Umum DPP Projo Panel Barus saat ditemui di kantor DPP Projo, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (3/8/2024). (Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda)

(Tribunnews.com/Galuh Widya Wardani/Milani Resti Dilanggi/garudea prabawati)(Kompas.com)

Editor: Nuryanti

Tag:  #tokoh #bela #gibran #soal #polemik #akun #fufufafa #yang #hina #prabowo

KOMENTAR