Guru Gembul Lulusan Mana?, Konten Kreator yang Ramai Kritik Nasab Ba'alawi
Guru Gembul saat berdiskusi dengan diskursus nasab. (YouTube/Nabawi TV)
18:40
12 September 2024

Guru Gembul Lulusan Mana?, Konten Kreator yang Ramai Kritik Nasab Ba'alawi

Nama Guru Gembul lagi-lagi menjadi perbincangan beberapa waktu lalu di media sosial. Guru Gembul yang dikenal dengan konten-konten kritis dan mendalam di dunia maya, memiliki latar belakang pendidikan yang cukup menarik.

Lalu alumni mana kreator yang kerap membahas soal pendidikan dan ilmu agama ini. Berikut ulasannya.

Guru Gembul sendiri memiliki nama asli Jafar Rohadi. Pria ini memang banyak bersinggungan soal pendidikan yang ada di Indonesia. Tak jarang juga ia kerap mengkritik terkait tokoh-tokoh Habib yang mengaku keturunan Rasulullah SAW namun memiliki perangai yang melenceng, salah satunya Habib Bahar bin Smith.

Melansir dari berbagai sumber, Guru Gembul merupakan alumnus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Baca Juga: Lebih dari Sekadar Program, Apa Dampak PPK Ormawa UKM LEPPIM UPI 2024?

Ia diduga kuat mengambil jurusan pendidikan mengingat latar belakangnya yang banyak membagikan konten pendidikan.

Tak hanya itu, selepas lulus dari UPI ia juga sempat mengajar di SMA yang ada di Kota Bandung. Dari beberapa pengakuannya di sebuah podcast, Guru Gembul mengajar sejarah dan juga Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

Dunianya yang banyak terlibat dengan pendidikan dan ilmu agama juga banyak memberikan insight baru kepada penontonnya. Penyampaian yang ringan dengan contoh-contoh konkret di tengah masyarakat mendapat tempat di hati pendengarnya.

Bahkan meski menyampaikan opini ia kerap diundang di sejumlah podcast, termasuk di Close The Door milik Deddy Corbuzier.

Pendapatnya terkait persoalan agama dan pendidikan memang diakuinya tidak diklaim yang paling benar. Pada videonya yang diunggah di kanal YouTube miliknya bahkan ia meminta para penonton tidak menerima mentah dengan apa yang ia sampaikan.

Baca Juga: Ustaz Alfian Tanjung Tolak Kedatangan Paus Fransiskus, Habib Jafar Justru Bersemangat Ketemu

Kritik Habib Bahar bin Smith

Pernyataan Guru Gembul yang mengkritik nasab Ba'alawi dari Habib Bahar bin Smith, memang kerap ia lontarkan. Pasalnya banyak keterangan dari buku yang ia lansir bahwa Habib Bahar bin Smith, salah dalam menafsirkan sejumlah hadits.

Sialnya, hadits yang ia kutip dan disebarkan kepada pengikutnya bersifat dhoif atau lemah. Sehingga hal itu dianggap menyesatkan dan menjadi kritik Guru Gembul ke sosok Bahar.

Banyaknya kritik yang disampaikan Guru Gembul, tak jarang ia juga menganggap bahwa Bahar bin Smith adalah ulama gadungan.

Di sisi lain ia juga meragukan dengan kualitas Bahar untuk berdakwah yang memiliki pondok pesantren yang diikuti ribuan santri.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #guru #gembul #lulusan #mana #konten #kreator #yang #ramai #kritik #nasab #baalawi

KOMENTAR