Sebanyak 500 Komcad Kodam VI/Mulawarman Bakal Bantu Pengamanan IKN
Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Tandyo Budi Revita menetapkan 500 Komcad di Kodam VI/Mulawarman. (Dispenad)
17:16
11 September 2024

Sebanyak 500 Komcad Kodam VI/Mulawarman Bakal Bantu Pengamanan IKN

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Tandyo Budi Revita menetapkan 500 personel Komponen Cadangan (Komcad) di Kodam VI/Mulawarman pada Rabu (11/9). Ratusan Komcad tersebut bakal diikutsertakan dalam pengamanan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam amanat yang dibacakan oleh Letjen Tandyo Budi. 

Merujuk Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara, Komcad menjadi salah satu sumber daya nasional yang disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi. Tujuannya demi memperbesar dan memperkuat komponen utama. Karena itu, pemerintah membentuk Komcad di Kodam VI/Mulawarman sebagai ikhtiar untuk menambah kekuatan komponen utama di Kalimantan. 

”Pembentukan Komcad di Kodam VI/Mulawarman merupakan upaya membangun pertahanan negara di wilayah Pulau Kalimantan sekaligus membantu mengamankan Ibu Kota Nusantara,” ungkap Tandyo Budi saat membacakan amanat Menhan Prabowo Subianto.

Amanat tersebut dibacakan oleh jenderal bintang tiga TNI AD itu di Lapangan Murjani, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Tandyo Budi menyatakan bahwa penetapan 500 Komcad tersebut merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Sebagai Komcad, mereka bisa digunakan kapan saja oleh negara. Namun, mereka juga harus tetap patuh dan tunduk pada aturan dan ketentuan yang berlaku. 

”Oleh karena itu saudara harus bisa menempatkan diri dalam bersikap agar sesuai dengan ketentuan tersebut,” kata dia. 

Setelah ditetapkan menjadi Komcad, lanjut Tandyo Budi, dia meminta seluruh Komcad tersebut mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang mereka dapat selama menjalani Latihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil). Merek diminta lebih disiplin, bertanggung jawab, loyal, dan berdedikasi kepada bangsa, negara, dan rakyat Indonesia. 

”Jadilah sumber daya manusia Komponen Cadangan yang berkualitas dan mampu menerapkan pengetahuan serta keterampilan secara teori dan praktik sesuai proporsi masing-masing di tempat tugas saudara,” ujarnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #sebanyak #komcad #kodam #vimulawarman #bakal #bantu #pengamanan

KOMENTAR