AHY Blak-blakan Sudah Bicarakan Posisi Menteri dengan Prabowo
Sebagai informasi, beredar isu kalau AHY menjadi salah satu sosok yang akan menduduki jabatan sebagai menteri koordinator di pemerintahan Prabowo-Gibran. Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (tengah) saat ditemui awak media di Kantor DPP Partai Demokrat, Senin (9/9/2024). 
17:11
9 September 2024

AHY Blak-blakan Sudah Bicarakan Posisi Menteri dengan Prabowo

- Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan, sudah terjalin pembicara antara dirinya dengan Presiden terpilih RI Prabowo Subianto terkait dengan posisi menteri di lima tahun mendatang.

Pernyataan AHY ini diungkap setelah disinggung soal ada empat nama alumni sekolah Taruna Nusantara (TN) yang akan mendapat jabatan sebagai menteri.

Pernyataan itu diungkap langsung oleh adik kandung Prabowo Subianto yakni Hashim Djojohadikusumo.

AHY menyatakan, komunikasi antara dirinya dengan Prabowo sudah berjalan dengan baik meski pembahasannya tidak setiap saat.

"Sudah (ada komunikasi terkait posisi menteri), komunikasi kami berjalan dengan baik, reguler, walaupun tidak setiap saat tentunya," kata AHY saat ditemui awak media di Kantor DPP Partai Demokrat, Senin (9/9/2024).

Dirinya hanya menegaskan, di beberapa kesempatan selalu berdialog dengan Prabowo Subianto dan beberapa pimpinan partai politik lain di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Meski begitu, kata Menteri ATR/Kepala BPN itu, tidak semua pembahasan terkait dengan urusan posisi atau jabatan.

"Tetapi yang jelas dalam berbagai kesempatan kami berdialog, tapi yang saya senang kami dialognya itu tidak hanya berurusan dengan posisi atau jabatan yang akan diberikan ke partai Demokrat atau partai-partai lainnya, tapi banyak sekali tentang visi besar, gagasan, bagaimana beliau ingin Indonesia ini makin kuat," ujar dia.

AHY mengungkapkan, pembahasan yang selama ini dilakukan di internal KIM dengan Prabowo Subianto adalah terkait dengan visi bangsa Indonesia.

Sebab menurutnya, siapa pun nantinya yang terpilih sebagai menteri di kabinet Prabowo-Gibran harus memiliki kesamaan visi dan misi sebagai pembantu di pemerintahan.

"Kalau para pembantu presiden memahami betul visi-visi pemimpinnya, saya rasa kerja-kerja di lapangan akan lebih fokus, lebih serius, dan juga tepat sasaran," tandas dia.

Siap Ditempatkan Di Mana Pun

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjawab kabar soal dirinya akan ditunjuk sebagai salah satu menteri koordinator di pemerintahan Prabowo-Gibran lima tahun mendatang.

Ia menyatakan, sejatinya dia belum dapat berbicara lebih jauh soal kabar itu. Pasalnya, Demokrat berada pada posisi menghormati apa pun yang diputuskan oleh Prabowo.

"Saya belum bisa memberikan komentar tentang itu, karena saya benar-benar menghormati, Demokrat benar-benar menghormati hak prerogatif dari Bapak Presiden terpilih Pak Prabowo Subianto," kata AHY kepada awak media saat ditemui di Kantor DPP Partai Demokrat, Senin (9/9/2024).

AHY hanya dapat memastikan kalau sejauh ini, Prabowo ada dalam posisi yang sedang memikirkan dengan serius untuk menyusun kabinetnya.

Dan Demokrat akan menjadi bagian dari hal itu dalam upaya mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.

"Yang tentunya sampai dengan saat ini saya tahu beliau masih sangat serius untuk menyusun langkah-langkah strategis ke depan termasuk penyusunan kabinet," kata AHY.

"Karena pembantu-pembantu beliau tentunya diharapkan bisa benar-benar memberikan dukungan penuh, memberikan nilai tambah dan Demokrat ingin menjadi bagian dari itu semua," sambung dia.

Meski begitu, putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut menyatakan siap jika nantinya diminta Prabowo untuk menduduki posisi menteri apapun.

Termasuk kata dia, soal potensi dirinya menduduki jabatan menteri koordinator yang membawahi beberapa kementerian teknis.

"Oleh karena itu, saya siap ditempatkan dan ditugaskan di mana pun, saya tidak mau berandai-andai, kita tunggu saja apakah atau pun saatnya nanti beliau akan mengumumkannya sendiri," tandas AHY.

Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berpidato pada International Meeting On Best Practice Of Ulayat Land Regristration In Indonesia And Asean Countries di Trans Luxury Hotel Bandung pada Kamis (5/9/2024). Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berpidato pada International Meeting On Best Practice Of Ulayat Land Regristration In Indonesia And Asean Countries di Trans Luxury Hotel Bandung pada Kamis (5/9/2024). (Tribunnews.com/ Gita Irawan)

Sebagai informasi, beredar isu kalau AHY menjadi salah satu sosok yang akan menduduki jabatan sebagai menteri koordinator di pemerintahan Prabowo-Gibran.

Partai Demokrat merupakan salah satu partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) selaku pengusung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka hingga terpilih pada Pilpres 2024. 

Munculnya nama AHY itu didasari atas adanya pernyataan dari adik kandung Prabowo Subianto yakni Hashim Djojohadikusumo yang menyebut akan ada empat alumni sekolah Taruna Nusantara (TN) yang menjadi menteri.

Nama AHY digadang menjadi salah satunya, sebab, Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu merupakan salah satu politikus lulusan TN dan saat ini sedang menjabat sebagai Menteri ATR/BPN setelah Demokrat menyatakan gabung di pemerintahan Jokowi-Maruf Amin.

Kendati demikian, hingga saat ini belum diketahui empat nama lulusan TN yang akan menjabat sebagai menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran tersebut.

Editor: Acos Abdul Qodir

Tag:  #blak #blakan #sudah #bicarakan #posisi #menteri #dengan #prabowo

KOMENTAR