Ini Sosok Chef Fiorini, Koki Pribadi Paus Fransiskus Saat di Jakarta, Pernah Jadi Koki Raja Salman
Roberto Fiorini salami Paus Fransiskus - Roberto Fiorini telah mencapai pencapaian penting dalam kariernya sebagai koki. Pasalnya, ia terpilih menjadi koki pribadi Paus Fransiskus, pemimpin 1,4 miliar lebih umat Katolik di dunia selama kunjungan bersejarahnya ke Indonesia. (IST) 
16:48
7 September 2024

Ini Sosok Chef Fiorini, Koki Pribadi Paus Fransiskus Saat di Jakarta, Pernah Jadi Koki Raja Salman

Roberto Fiorini telah mencapai pencapaian penting dalam kariernya sebagai koki.

Pasalnya, ia terpilih menjadi koki pribadi Paus Fransiskus, pemimpin 1,4 miliar lebih umat Katolik di dunia selama kunjungan bersejarahnya ke Indonesia.

Selama kunjungan Paus, Chef Fiorini yang menyajikan sejumlah hidangan favorit termasuk Lamb Shoulder dan dessert spesial, Bread of Memory serta Tiramisu.

Ia mengakui bahwa proses ini penuh tantangan, terutama terkait detail yang sangat diperhatikan dalam setiap sajian.

"Setiap detail hidangan sangat diperhatikan. Ketika hidangan akhirnya disajikan, saya merasa beban yang berat terangkat dan sangat lega," ungkap Chef Fiorini kepada sejumlah wartawan termasuk Tribunnews.com di Restoran Alba Ristorante di One Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan (6/9/2024) malam.

Chef Fiorini mengaku memperhatikan secara detail langkah demi langkah dalam proses memasak termasuk teknik, kebersihan bahkan detail kecil dari makanan.

"Saat Sri Paus ingin makan tenderloin, kami marinasi dagingnya memotongnya dengan banyak cara lalu direndam cairan lagi sebelum dipanggang," katanya.

Ia mengatakan, Paus Fransiskus tidak muluk-muluk dalam hal makanan dan tidak ada pantangan atau alergi terhadap makanan.

"Paus Fransiskus makan tiga kali sehari dibarengi snack juga makanan pembuka hingga penutup. Sri Paus meminta disajikan nanas sebagai hidangan penutup," katanya.

Menjadi koki pribadi untuk Paus Fransiskus memberikan kesan mendalam bagi Chef Fiorini, mengingat kedekatannya dengan Roma, Italia yang tempat tinggal asalnya.

“Saya merasa sangat terhormat bisa melayani Paus Fransiskus dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan terutama karena Paus sangat dekat dengan kehidupan saya sejak kecil di Roma,” katanya.

Chef Fiorini, yang mulai memasak pada usia 13 tahun dan telah memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman di industri perhotelan.

Ia dikenal karena keahliannya yang luas di dunia kuliner internasional.

Pria yang menjabat sebagai Executive Chef dari Albagroup yang merupakan bagian dari Toffin pernah bekerja dengan koki-koki terkenal seperti Mauro Uliassi, Gordon Ramsay, Ferran Adria, dan Luis Andoni.

"Sebelum melayani Paus Fransiskus, saya pernah menjadi koki pribadi untuk Raja Salman dari Arab Saudi," katanya.

Mengenai bagaimana ia mendapatkan kesempatan menjadi koki Paus Fransiskus, Chef Fiorini menjelaskan, ini berawal dari koneksi General Manager kami, Michele Carbotti.

"Sebelumnya kami sudah sering melayani untuk kedutaan besar, dan dari situ Paus Fransiskus memilih kami berdasarkan kriteria-kriteria tertentu,” ujar Fiorini.

Editor: Erik S

Tag:  #sosok #chef #fiorini #koki #pribadi #paus #fransiskus #saat #jakarta #pernah #jadi #koki #raja #salman

KOMENTAR