Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat: Arab, Latin, Artinya
Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat (Freepik)
06:51
20 Januari 2024

Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat: Arab, Latin, Artinya

Melaksanakan sholat 5 waktu adalah kewajiban setiap Muslim. Usai sholat, umat Muslim juga dianjurkan untuk membaca doa. Nah untuk selengkapnya, berikut ini bacaan doa setelah sholat fardhu singkat lengkap dengan bacaan arab, latin, dan artinya.

Diketahui, Rasulullah SAW menyampaikan bahwa membaca doa setelah sholat bisa mempercepat diijabahnya hajat atau keinginan. Ini tercantum dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi yang bunyi hadisnya sebagai berikut:

"Rasulullah SAW ketika ditanya perihal doa yang paling didengar, yaitu doa yang paling dekat dengan ijabah menjawab, '(doa) Di tengah malam dan setelah shalat lima waktu." (HR Imam Tirmidzi)

Nah bagi yang akan mengamalkan doa setelah sholat, simak berikut ini bacaan doa setelah sholat fardhu singkat lengkap dengan bacaan arab, latin, dan artinya yang dilansir dari Kemenag RI.

1. Membaca Istighfar sebanyak 3 kali

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astagfirullahal'adzim, Alladzi lailaha Illa huwal hayyul qayyum wa atubu Ilaih

Artinya : "Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia, Maha Hidup, Maha Kuasa, dan kepada-Nya aku bertaubat."

2. Membaca Tahlil sebanyak 10 kali

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul hamdu yuhyi wayumitu wahua 'alaa kulli syai'in qadiir.

Artinya : "Tiada tuhan selain Allah yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya miliknya kerajaan dan pujian, (Ia) pula yang menghidupkan dan mematikan. Dan Dia Maha kuasa atas segala sesuatu."

3. Membaca doa mohon dijauhkan dari api neraka sebanyak 3 kali

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

Allahumma ajirni minan-naar

Artinya : "Ya allah, jauhkan kami dari api neraka."

4. Doa mohon keselamatan dunia akhirat

للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

Allahumma antassalam, waminkassalam, wa Ilaika ya'udussalam fahayyina rabbana bissalam wa-adkhilnal jannata daras salaam tabaarakta rabbanaa wata'aalayta yAa dzaljalaali wal ikraam.

Artinya: "Ya Allah, Engkau sumber keselamatan dan dari pada-Mulah datangnya keselamatan dan kepada-Mu kembalinya keselamatan. Maka hidupkanlah kami wahai Tuhan, dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kami ke dalam surga negeri keselamatan. Maha banyak anugerahMu dan Maha Tinggi Engkau Wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan.

5. Doa berserah diri kepada Allah SWT

اللَّهُمَّ لأَمَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلَا رَادَّ لِمَا قَضَيْتَ وَلَا يَنْفَعُ ذَى ی الحدِّ مِنْكَ الحد

Allahumma laa maani'a lima a'taita walaa mu'tiya lima mana'ta wala radda lima qadhaita wa laa yanfa'u dzaljadda minkaljadd.

Artinya: "Ya Allah tidak ada yang mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang bisa memberi apa yang Engkau cegah, dan tidak ada yang bisa menolak ketetapan Mu. Tidak berguna kekayaan dan kemulian itu bagi pemiliknya. Hanya dari-Mu kekayaan dan kemulian."

6. Doa agar senantiasa berdzikir dan selalu bersyukur

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَل ى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Allahumma a'inni 'ala dzikrika wa syukrika wa husnii 'ibaadatika

Artinya: "Ya Allah...Bantulah aku untuk senantiasa berdzikir dan bersyukur kepada- Mu, serta selalu beribadah dengan baik kepadamu."

7. Berdzikir

Usai membaca doa-doa, dilanjutkan untuk membaca dzikir. Adapun bacaan dzikir setelah sholat yang bisa diamalkan yakni sebagai berikutK

- Baca Tasbih sebanyak 33 kali

سُبْحَانَ اللهِ

Subhanallah

Artinya: Maha Suci Allah

- Membaca Tahmid 33 kali

الْحَمْدُلِلهِ

Alhamdulillah

Artinya: Segala Puji Bagi Allah

- Membaca Takbir 33 kali

اللهُ اَكْبَرُ

Allahu Akbar

Artinya: Allah Maha Besar

Setelah itu bisa dilanjutkan dengan membaca Ayat kursi, surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas, dan Alfatihan. Lalu dilanjutkan dengan mangucapkan hajat kita. Kemudian tutup doa kita dengan kembali membaca Alfatihah.

Demikian ulasan mengenai doa setelah sholat fardhu singkat lengkap dengan bacaan arab, latin, dan artinya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bacaan #setelah #sholat #fardhu #singkat #arab #latin #artinya

KOMENTAR