Ramai Soal PP 28 Tahun 2024, Apa Itu Alat Kontrasepsi, Fungsi dan Jenisnya?
ilustrasi kehamilan pada perempuan. (freepik)
14:00
13 Agustus 2024

Ramai Soal PP 28 Tahun 2024, Apa Itu Alat Kontrasepsi, Fungsi dan Jenisnya?

Alat kontrasepsi istilah yang baru-baru ini ramai jadi perbincangan terkait munculnyya PP 28 Tahun 2024 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Kesehatan menuai pro dan kontra.

Dalam peraturan itu banyak orang berspekulasi terhadap alat kontrasepsi yang harus disediakan untuk pelajar seperti yang dijelaskan pada Pasal 103 ayat 4.

Bahkan sebagaian politikus menganggap penyediaan alat kontrasepsi untuk siswa adalah tabu di kondisi budaya ketimuran ini, sehingga peraturan tersebut harus dicabut.

Lantas apa sebenarnya alat kontrasepsi tersebut?. Selain itu apa saja fungsi dari benda penghambat tersebut?.

Baca Juga: Komunitas Feminis Dukung Edukasi Alat Kontrasepsi untuk Remaja: Itu Konsep Menjadi Dewasa

Ya, alat kontrasepsi merupakan benda lentur yang diciptakan untuk mencegah kehamilan. Cara kerja benda ini adalah menghalangi pertemuan sperma dan sel telur, sehingga pembuahan batal terjadi.

Alat kontrasepsi ini merupakan satu dari sekian metode untuk menghindari dua pasang suami-istri memiliki anak lebih cepat. Memang ada cara lain seperti mengonsumsi pil KB, hingga metode vasektomi yang memotong jalur sperma pria hingga membuatnya mandul permanen.

Berbicara soal alat kontrasepsi, tak melulu sebagai alat untuk mencegah kehamilan. Alat ini juga digunakan untuk mengatur jarak antar anak, di mana pasangan yang sudah memiliki anak bisa menggunakan alat ini dalam mengatur masa kelahiran anak berikutnya.

Di sisi lain, alat kontrasepsi juga berfungsi untuk mencegah Penyakit Menular Seks (PMS). Awamnya masyarakat mengenal kondom yang merupakan alat kontrasepsi.

Lebih jauh, alat kontrasepsi terbagi ke dalam beberapa jenis. Ada yang permanen atau bersifat sementara.

Baca Juga: Soal Penyediaan Alat Kontrasepsi Buat Pelajar, Legislator PKS: Nauzubillah!

Alat Kontrasepsi Hormonal:

1. Pil KB

2. Suntik KB

3. Implan KB

4. Intrauterine Device (IUD)

5. Cincin Vagina

Adapun alat kontrasepsi barier atau yang sifatnya sementara.

1. Kondom

2. Diafragma

3. Kap Kondom

Beberapa pasangan suami istri ada yang memang sejak awal tak menginginkan anak. Maka ada metode sterilisasi yang bisa jadi opsi.

1. Vasektomi

Merupakan metode pemotongan saluran sperma pada pria. Cara ini pun membuat sang pria tak mampu membuahi ovarium wanita melalui sel spermanya.

2. Tuba Ektomi

Pada metode ini adalah memotong atau menjepit tuba falopi pada wanita yang menutup saluran sperma masuk untuk melakukan pembuahan.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #ramai #soal #tahun #2024 #alat #kontrasepsi #fungsi #jenisnya

KOMENTAR