Aksi Sosial Donor Darah dan Pelayanan Kesehatan Bagi Komunitas Mobil Keluarga
RS Premier Bintaro (RSPB) yang dihadiri oleh Chief Executive Officer RS Premier Bintaro, dr. Relia Sari, MARS menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Komunitas mobil keluarga, Alphard Vellfire Owners Club Indonesia (AVOCI) yang dihadiri oleh dr. Wiedo Saifan Adlin, M. H. Kes selaku ketua AVOCI Chapter Jabodetabek. (Foto: Istimewa)
05:27
11 Agustus 2024

Aksi Sosial Donor Darah dan Pelayanan Kesehatan Bagi Komunitas Mobil Keluarga

Beberapa waktu lalu Komunitas mobil keluarga, Alphard Vellfire Owners Club Indonesia (AVOCI) menggelar aksi sosial donor darah di  RS Premier Bintaro (RSPB). 

Komunitas mobil keluarga ini memang kerap melakukan bakti atau aksi sosial untuk masyarakat yang membutuhkan di setiap kegiatannya bersama keluarga dan anggotanya.

Ketua AVOCI Chapter Jabodetabek, dr. Wiedo Saifan Adlin, M. H. Kes, mengatakan aksi sosial donor darah kali ini bertepatan dengan momen penandatanganan kerjasama RSPB dengan komunitasnya di bidang pelayanan kesehatan. 

Perjanjian kerjasama ini, Chief Executive Officer RS Premier Bintaro, dr. Relia Sari, MARS, merupakan langkah awal kerjasama bidang pelayanan kesehatan rumah sakit dengan memanfaatkan keahlian tenaga medis, fasilitas dan administratif yang dimiliki RSPB untuk mendukung kebutuhan pelayanan kesehatan bagi anggota AVOCI.

Baca Juga: Ngobrol Bareng Komunitas WEWAW, Wadah Bagi Perempuan Untuk Saling Dukung dan Berdaya di Dunia Kerja

Kerjasama ini meliputi pelayanan rawat inap, rawat jalan, layanan IGD serta Medical Check Up (MCU).

Selain penandatanganan kerjasama digelar pula Round Table Discussion (RTD) yang menampilkan dr. Omar Luthfi, Sp.OT (K) Spine, dokter spesialis orthopedi konsultan tulang belakang dengan topik” Get Your Fits Spine.“

Health talk juga diisi dengan pemaparan dengan topik “How To Improve Men’s Health For Quality of Life“ dari dokter spesialis andrology dr. Nugroho Setiawan, Sp.And.

Tidak hanya itu, ada pula pemaparan tentang “Basic Life Support “ dari Dr. dr. Dwi Pantja Wibowo, Sp.An, KIC, KMN, FIPM spesialis anastesi konsultan manajemen nyeri.

Basic Life Support ini sangat penting untuk diketahui, sehingga bila terdapat orang di sekitar mengalami henti nafas atau henti jantung, kita dapat melakukan pertolongan pertama berupa kompresi jantung, sebelum tenaga medis tiba.

Baca Juga: Kenalan dengan Gembira Seharian: Gerakan Anak Muda Tebarkan Kegembiraan Sambil Tumbuhkan Empati

Selain pemaparan materi, juga dilakukan sesi praktek Basic Life Support dan kegiatan sosial donor darah.

"Kerjasama ini sangat baik terutama bila dilihat dari segi media selain memberikan manfaat pelayanan juga dapat memberikan edukasi berupa health talk yang diharapkan dapat bermanfaat bagi para anggota AVOCI," tutup dr. Relia Sari.

Editor: Ririn Indriani

Tag:  #aksi #sosial #donor #darah #pelayanan #kesehatan #bagi #komunitas #mobil #keluarga

KOMENTAR