Kreatif dan Unik! Kumpulan Ide Hiasan 17 Agustus dari Botol Aqua
Ide hiasan 17 agustus dari botol aqua (freepik)
19:16
6 Agustus 2024

Kreatif dan Unik! Kumpulan Ide Hiasan 17 Agustus dari Botol Aqua

Tak lama lagi, perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT Kemerdekaan RI) yang ke-79 akan segera tiba. Tentunya, ada banyak cara untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 mendatang. Salah satu caranya yaitu dengan menghias rumah, kantor, serta lingkungan sekitar dengan pernak-pernik yang bernuansa warna merah dan putih.

Ada banyak sekali penjual yang menawarkan berbagai macam dekorasi khas 17 Agustus. Tapi sebetulnya Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan barang bekas, seperti botol aqua. Cek ide hiasan 17 Agustus dari botol aqua berikut ini, yuk! 

Ide Hiasan 17 Agustus dari Botol Aqua

Cara membuat hiasan 17 Agustus dari botol aqua relatif mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Cukup dengan bantuan gunting, pisau cutter, serta lem tembak, Anda bisa menghasilkan hiasan 17 Agustus yang unik.

Di bawah ini ada beberapa ide hiasan 17 Agustus dari botol aqua yang bisa Anda contek. 

Baca Juga: 30 Gambar Banner Poster Lomba 17 Agustus Unik dan Kekinian

1. Lampion dari Botol Aqua

Anda perlu menyiapkan botol aqua bekas, kemudian cat warna merah secara merata dan biarkan mengering. Bagian tengah botol diiris-iris memanjang, mulai dari bagian leher hingga ke dasar, dengan lebar yang sama. Setelah itu, buka tutup botol dan masukkan balon berwarna putih dan tiup hingga balon mengembang. Besar balon bisa disesuaikan dengan lengkungan botol plastik supaya terlihat seperti lampion yang cantik. Setelah balon mengembang sempurna, Anda perlu mengikat bagian ujungnya.

Sementara itu di bagian tutup botol harus dilubangi, lalu masukkan benang dan di simpul di bagian bawahnya. Lalu, tutup kembali ke botol yang sudah berubah jadi lampion. Hiasan 17 agustus dari botol aqua yang satu ini siap digantung di area yang diinginkan. 

2. Gantungan dari Botol Aqua

Hiasan 17 Agustus dari bahan bekas kali ini juga menggunakan botol bekas air mineral yang dicat atau ditempeli kertas krep merah putih untuk tema 17 Agustus. Silakan ikat ujung rumbai dengan benang, lalu masukkan benang melalui lubang di dasar botol sehingga bisa digantung terbalik. Kemudian, kaitkan ujung benang dengan pom-pom untuk menghiasi gelas, dan hiasan gantung siap digunakan. 

3. Gantungan dari Gelas Aqua

Selain botol aqua, Anda juga bisa memanfaatkan gelas aqua bekas untuk membuat gantungan. Anda hanya membutuhkan berbagai gelas plastik yang sudah dicuci bersih, lalu cat gelas plastik bekas dengan warna putih dan merah. Untuk mempercantik gantungan ini, silakan tambahkan pom-pom yang bisa dibuat dari kresek bekas.

Gabungkan gelas plastik bekas dan pom-pom plastik selang-seling menggunakan benang. Sekarang, Anda sudah bisa menggunakan gantungan ini untuk hiasan 17 Agustus.

Baca Juga: Teks Doa Malam Tirakatan 17 Agustus 2024 Lengkap

4. Hiasan Bunga dari Gelas Aqua

Hiasan 17 Agustus selanjutnya yang bisa Anda buat adalah bunga dari gelas plastik bekas. Caranya mudah, silakan potong gelas plastik melingkar menjadi beberapa bagian kecil-kecil, lalu lilit gelas plastik yang sudah dipotong dengan tali atau benang berwarna merah. Kemudian, Anda harus menyusun gelas plastik tersebut hingga membentuk kelopak bunga menggunakan lem tembak.

Sementara di bagian tengahnya, Anda bisa menambahkan pom-pom atau kertas berbentuk bunga untuk mempercantik hiasan ini.

5. Kincir Angin dari Gelas Aqua

Anda juga bisa menggunakan gelas plastik aqua menjadi kincir angin. Buanglah bagian mulut gelas dengan gunting, lalu gunting secara memanjang hingga ujung menjadi beberapa bagian. Berikutnya, satukan dua gelas plastik yang sudah dipotong-potong tersebut dengan lem dan beri tongkat dari kawat atau kayu untuk pegangan kincir angin.

6. Bunga Salju dari Gelas Aqua

Hiasan 17 Agustus dari botol aqua berikutnya yang bisa dibuat adalah bunga salju. Anda memerlukan gelas aqua, lalu buang bagian mulut gelas plastik dan potong gelas plastik itu secara memanjang ke dalam. Setiap bagian gelas tersebut perlu dibentuk menyerupai bunga salju. Sekarang, coba satukan antar bunga salju yang sudah terbuat dengan tali. Hiasan berbentuk bunga salju dari gelas aqua bekas sudah selesai dibuat dan siap untuk dipajang! 

Selain menjadi hiasan yang cantik dan murah meriah, memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan dekorasi tentunya juga dapat membantu mengurangi sampah dan pencemaran lingkungan. Selamat berkreasi! 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #kreatif #unik #kumpulan #hiasan #agustus #dari #botol #aqua

KOMENTAR