Cara Membuat Proposal 17 Agustus Lengkap dengan Rincian Estimasi Anggaran dan Covernya,
Cara membuat proposal 17 agustus (freepik)
17:08
3 Agustus 2024

Cara Membuat Proposal 17 Agustus Lengkap dengan Rincian Estimasi Anggaran dan Covernya,

Proposal kegiatan dibuat dengan tujuan untuk pengajuan rencana sebuah kegiatan, baik bersifat individu maupun kelompok. Jelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT Kemerdekaan RI), biasanya proposal 17 Agustus mulai dipersiapkan. 

Hendak membuat proposal 17 Agustus tapi masih bingung? Berikut akan dijelaskan cara membuat proposal 17 Agustus dan covernya. Simak dan perhatikan baik-baik! 

Cara Membuat Proposal 17 Agustus dan Covernya

Menyusun proposal kegiatan memang memerlukan ketelitian serta pemahaman mendalam tentang struktur dan isi yang tepat.

Baca Juga: 5 Menu Khas yang Bisa Disajikan Dalam Perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus

Maka untuk membantu dalam proses ini, berikut adalah panduan lengkap mengenai cara membuat proposal 17 Agustus yang efektif dan sesuai dengan standar yang diharapkan. 

1. Sampul atau Cover Proposal

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat proposal kegiatan adalah memastikan sampul atau covernya menarik dan rapi.

Fungsi sampul ini bukan hanya sebagai pembuka, akan tetapi juga sebagai identitas acara. Jangan lupa untuk menyertakan logo kegiatan atau organisasi, nama kegiatan, dan jika perlu, slogan acara.

2. Latar Belakang

Baca Juga: 5 Lirik Lagu Nasional Untuk Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus

Di halaman berikutnya, cantumkan latar belakang kegiatan yang memberikan gambaran umum secara jelas mengenai alasan dan urgensi diadakannya acara tersebut. Hal ini sangat penting supaya pembaca memahami konteks dan pentingnya kegiatan yang diusulkan.

3. Nama dan Tema Kegiatan

Langkah berikutnya, tuliskan nama kegiatan atau acara yang akan diselenggarakan, diikuti dengan tema kegiatan.

Jelaskan pula apa alasan pemilihan tema tersebut untuk memberikan konteks tambahan mengenai tujuan dan harapan dari kegiatan ini.

4. Tujuan

Kemudian, jelaskan secara rinci tujuan dari acara yang akan diselenggarakan. Bagian ini juga harus mencakup target yang ingin dicapai serta alasan mengapa acara tersebut perlu diadakan.

5. Susunan Acara

Supaya acara berjalan lancar, susun acara secara jelas dan rinci, dari awal hingga akhir. Tuliskan susunan acara di dalam proposal sebagai gambaran yang lengkap mengenai jalannya kegiatan.

6. Tempat dan Waktu Kegiatan

Lalu, cantumkan informasi mengenai tempat dan waktu pelaksanaan acara dengan detail yang jelas.

Informasi ini sangat penting supaya semua pihak yang diajak bekerja sama memahami bahwa acara telah direncanakan dengan cermat dan matang.

7. Kepanitiaan

Tuliskan susunan panitia acara mulai dari jabatan tertinggi hingga terendah, bisa berdasarkan divisi masing-masing. Hal ini akan mempermudah pembaca untuk mengetahui siapa saja yang bertanggung jawab atas kegiatan tersebut.

8. Sarana Promosi

Sarana promosi mencakup keuntungan yang didapatkan dari sponsor. Bagian ini biasanya berisi informasi mengenai umbul-umbul, pakaian panitia, pamflet, brosur, spanduk, audio, dan hitungan persentase sponsor.

Besaran logo sponsor biasanya juga akan ditentukan oleh jumlah kontribusi yang mereka berikan.

9. Estimasi Anggaran

Pada bagian ini sangat penting, karena menyangkut rencana anggaran kegiatan yang akan diselenggarakan.

Estimasi anggaran harus mencakup perlengkapan, administrasi, konsumsi, panggung, sound system, dan lainnya. Pastikan anggaran disusun secara logis dan realistis, serta memperhitungkan keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

10. Penutup

Di bagian akhir dari proposal kegiatan, berisi kata penutup. Di sini bisa menuliskan ucapan terima kasih serta harapan dari pihak penyelenggara agar acara bisa berjalan dengan lancar.

Dengan mengikuti panduan dan cara membuat proposal 17 Agustus ini, maka Anda dapat menyusun proposal kegiatan yang baik dan benar.

Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah mendapatkan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #cara #membuat #proposal #agustus #lengkap #dengan #rincian #estimasi #anggaran #covernya

KOMENTAR