Beda Gelar Bangsawan Orang Tua Fuji dan Aaliyah Massaid, Pemberian Adat Vs Keraton
Kolase foto Fuji dan Aaliyah Massaid [Instagram]
20:56
2 Agustus 2024

Beda Gelar Bangsawan Orang Tua Fuji dan Aaliyah Massaid, Pemberian Adat Vs Keraton

Sesama sempat menjadi kekasih Thariq Halilintar, Fujianti Utami alias Fuji sering kali dibandingkan dengan Aaliyah Massaid. Fuji sendiri sempat menjadi kekasih Thariq sementara Aaliyah kini sah jadi istri adik Atta Halilintar itu.

Uniknya baik Fuji dan Aaliyah sama-sama lahir dari orang tua yang memiliki gelar bangsawan. Berikut beda gelar bangsawan orang tua Fuji dan Aaliyah Massaid.

Gelar Bangsawan Ayah Fuji

Haji Faisal dan Dewi Zuhriati bersama anak-anak. [Instagram/fuji_an]Haji Faisal dan Dewi Zuhriati bersama anak-anak. [Instagram/fuji_an]

Ayah Fuji, Haji Faisal rupanya memiliki gelar bangsawan dari Minang. Sayangnya Fuji mengaku ogah disebut sebagai keturunan bangsawan.

Baca Juga: Adu Mesra Fuji-Eldyn Yusuf Vs Syifa Hadju-El Rumi: Siapa Lebih Ugal-ugalan?

Pangkat Haji Faisal dalam adat terungkap saat Fuji menjadi bintang tamu acara Trik Talk. Kala itu Fuji ditanya mengenai kebenaran isu keturunan bangsawan tersebut.

Fuji dalam acara tersebut membenarkan bahwa ayahnya memiliki gelar Datuk. Kendati memilki gelar Datuk, Fuji ogah menyebut dirinya sebagai keturunan bangsawan.

"Bukan bangsawan itu. Aku juga nggak ngerti Datuk itu apa tapi itu gelar di Padang, tapi bukan bangsawan," jelas Fuji seperti dikutip dari Suara.com, Jumat (2/8/2024).

Menyadur dari situs pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, gelar Datuk sendiri merupakan gelar adat di suku Minangkabau.

Seseorang yang menyandang gelar Datuk sudah disamakan dengan pemimpin suatu kaum atau suku. Kendati demikian gelar ini kadang juga diberikan hanya sebagai tanda kehormatan semata.

Baca Juga: Pilih Tak Menikah Muda seperti Aaliyah Massaid, Ternyata Zahwa Massaid Punya Profesi Ini di New York

Gelar Datuk sendiri diberikan atas kesepakatan suku atau kaum melalui rapat adat dan pemuka adat. Usai ditetapkan, orang tersebut harus melakukan serangkaian upacara adat yang disebut malewakan gala. Tradisi ini khas dengan pemotongan seekor kerbau dan mengadakan jamuan.

Gelar Ayah Aaliyah Massaid

Adjie Massaid bersama kedua putrinya, Zahwa dan Aaliyah Massaid (Instagram)Adjie Massaid bersama kedua putrinya, Zahwa dan Aaliyah Massaid (Instagram)

Berbeda dengan Haji Faisal, mendiang ayah Aaliyah Masaid yakni Adjie Massaid mendapat gelar dari Keraton Jawa.

Pada tahun 2005, Adjie diberi gelar kebangsawanan dari Keraton Surakarta. Mendiang suami Angelina Sondakh itu mendapatkan gelar Kanjeng Raden Aryo.

Adjie Massaid sendiri mendapatkan gelar bangsawan berkat perjuangannya menjadi orang tua tunggal untuk kedua anaknya saat itu, Zahwa dan Aaliyah.

Diketahui usai bercerai dengan Reza Artamevia, Adjie memegang penuh hak asuh kedua putrinya.

"Saya dapat gelar di Keraton Surakarta yakni Kanjeng Raden Aryo, istilahnya abdi dalem, kedudukan itu lumayan tinggi lah dibanding yang lain," jelas Adjie saat itu.

Selain mendapatkan gelar, Adjie juga dibebaskan jika ingin melangsungkan pernikahan di keraton.

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #beda #gelar #bangsawan #orang #fuji #aaliyah #massaid #pemberian #adat #keraton

KOMENTAR