Fitur Bantal Canggih Kereta Cepat yang Dicuri oleh Oknum Penumpang
Warga menunggu keberangkatan di dalam gerbong kereta cepat di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/9/2023). [ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc]
11:50
28 Juli 2024

Fitur Bantal Canggih Kereta Cepat yang Dicuri oleh Oknum Penumpang

Bantal canggih kereta cepat yang tersedia di kursi penumpang dicuri. Menurut sumber dari PT KCIC, beberapa penumpang telah mencuri bantal canggih yang ada di kursi Kereta Cepat Whoosh.

Bukan sembarang bantal, bantal canggih kereta cepat memiliki sejumlah fitur yang tidak dimiliki bantal biasa. Bantal ini dirancang khusus untuk kereta cepat dan terpasang di bagian atas kursi sebagai penyangga kepala bagi penumpang.

Bantal yang memiliki dua warna, cokelat dan biru itu menyesuaikan setiap kursi dari penumpang. 

Menurut Eva Chairunisa, selaku Corporate Secretary PT KCIC. Bantal kereta cepat sudah dilengkapi teknologi baru yang mendukung keselamatan penumpang, salah satunya tahan api.

Baca Juga: WIKA Sebut Proyek Kebanggaan Jokowi Jadi Beban Keuangan Perusahaan

Bantal pada kereta Whoosh memiliki spesifikasi khusus yang memiliki teknologi tinggi. Bantal serta kursi penumpang terbuat dari bahan yang tahan api, sehingga dalam keadaan darurat, berbagai potensi bahaya dapat diminimalkan. 

Penampakan Gerbong Whoosh Tergenang Air, KCIC: Bukan Bocor Itu Akibat Tampias Hujan [Tangkap layar Twitter]Penampakan Gerbong Whoosh Tergenang Air, KCIC: Bukan Bocor Itu Akibat Tampias Hujan [Tangkap layar Twitter]

Selain itu, bahwa bantal tersebut dibuat untuk memberikan kenyamanan maksimal kepada penumpang selama perjalanan. Tindakan penumpang yang mencuri bantal tersebut membawa dampak negatif dan perlu menjadi perhatian bersama.

"Tindakan melepas atau mengambil bantal pada kursi kereta berakibat pada rusaknya fasilitas serta berkurangnya kenyamanan penumpang lainnya," ujarnya, dalam keterangan resmi.

Selain itu, kehilangan bantal ini menyebabkan KCIC harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pengadaan dan penggantian bantal yang hilang, yang seharusnya bisa digunakan untuk peningkatan layanan lainnya.

Eva juga mengungkapkan bahwa hingga Juli 2024, sudah terjadi enam kejadian kehilangan bantal dari kursi kereta Whoosh. Kasus-kasus tersebut dapat ditelusuri melalui 44 CCTV yang tersedia di setiap rangkaian kereta.

Baca Juga: Aaliyah Request Bantal dengan Tekstur Berbeda saat Beli Kasur, Mana yang Paling Bagus Dipakai Tidur?

"Berdasarkan hasil penelusuran CCTV, terdapat oknum penumpang yang sengaja melepas bantal dari sandaran kursi," imbuhnya.

Kejadian terbaru terjadi pada Juli 2024 di kereta Whoosh nomor G1247 rute Halim-Tegalluar. Setelah tiba di stasiun akhir pada 11 Juli 2024, petugas pelayanan menemukan bahwa satu kursi premium Economy di kereta nomor 6 tidak lagi dilengkapi bantal kepala.

KCIC segera melakukan pemeriksaan CCTV dan penelusuran data penumpang. Data penumpang yang terlibat sudah didapatkan dan akan ditindaklanjuti sesuai prosedur yang berlaku.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #fitur #bantal #canggih #kereta #cepat #yang #dicuri #oleh #oknum #penumpang

KOMENTAR