Perjalanan Panjang Brightspot Market, Awalnya Dikenal Sebagai Tempat Belanja Barang-Barang Cool
Brightspot Market. (Suara.com/Lilis Varwati)
18:19
24 Juli 2024

Perjalanan Panjang Brightspot Market, Awalnya Dikenal Sebagai Tempat Belanja Barang-Barang Cool

Anak gaul Jakarta pasti tahu dan pernah datang ke Brightspot Market. Sejak pertama kali diadakan di tahun 2009, Brightspot Market menjadi salah satu bazar yang paling ditunggu warga ibu kota. Kini, setelah 15 tahun, Brightspot Market tetap rutin hadir setiap tahunnya, bahkan berinovasi dengan konsep yang semakin kreatif. Lalu, seperti apa perjalanan panjang Brightspot Market?

Awal Mula Brightspot Market

Brightspot Market berawal dari mimpi Cynthia Wirjono bersama sang suami, Chris Kerringan, kakak dan adiknya, Anton dan Hogi Wirjono, serta rekannya, Leonard Theosabrata, yang ingin membuat sebuah ‘pasar’ yang menjual beragam produk cool. Dari mimpi itu, kemudian muncullah Brightspot Market pertama di Plaza Indonesia, Jakarta, tepatnya di bulan Mei 2009.

‘Pasar’ pertama ini hanya diikuti oleh 25 tenant. Namun, tanpa disangka, jumlah pengunjung yang datang cukup fantastis, yaitu hingga 5.000 orang. Cynthia tidak menyangka, satu kali weekend bisa mendatangkan segitu banyak orang. Bahkan, salah satu brand fashion lokal yang pertama bergabung di Brightspot, yaitu Klé by Kleting, berhasil menjual habis barang mereka setiap hari.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Lip Balm Brand Lokal Berbentuk Tube, Bibir Lembap dan Plumpy!

Kemudian Brightspot berikutnya membesar, dan terus tumbuh hingga akhirnya menjadi salah satu acara tahunan yang telah menjadi ikon dalam dunia kreatif di Indonesia.

Dengan berkembangnya Brightspot, sejak tahun 2010, Cynthia dan rekan-rekannya mendirikan The Goods Dept. yang merupakan curated department store.

Perkembangan media sosial juga ikut mengangkat pamornya. Tahun 2011, ketika Twitter booming, nama Brightspot Market semakin viral. Jumlah pengunjung menjadi 33 ribu orang dalam satu weekend.

Brightspot Market 2023. (Dok. Brightspot)Brightspot Market 2023. (Dok. Brightspot)

Brightspot Market yang awalnya hanya menghadirkan beragam produk lokal yang unik, acara ini kemudian menjadi platform utama bagi para penggiat industri kreatif untuk mengeksplorasi bakat mereka dan berbagi inspirasi dengan masyarakat.

Memasuki tahun ke-15, Brightspot membawa konsep baru yang belum pernah dibawa sebelumnya, yakni Brightspot Mall. Brightspot Mall 2024 yang diselenggarakan pada bulan Juni 2024 lalu hadir di Ratu Plaza, sebuah mal legendaris dan paling populer di era 80-an. Saat itu, jumlah tenant yang bergabung mencapai telah bertumbuh hampir 10 kali lipat, yaitu mencapai 206 tenant.

Baca Juga: Bikin Penampilan Lebih Menarik, Ini 3 Tote Bag Brand Lokal yang Buatmu Makin Stylish

Terbaru, akan hadir Taman Brightspot 2024 yang berlangsung selama dua pekan, dari 26 - 28 Juli 2024 dan 2 - 4 Agustus 2024 di Urban Forest Cipete yang menghadirkan konsep berbelanja sambil piknik di tengah kota yang asri.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #perjalanan #panjang #brightspot #market #awalnya #dikenal #sebagai #tempat #belanja #barang #barang #cool

KOMENTAR