Tak Perlu Tren, Jurusan Kuliah dengan Sepi Peminat Ini Buktikan Potensi Karir Cemerlang
Ilustrasi kuliah. (Freepik/master1305)
12:52
24 Juli 2024

Tak Perlu Tren, Jurusan Kuliah dengan Sepi Peminat Ini Buktikan Potensi Karir Cemerlang

Memasuki dunia perkuliahan memang bagaikan membuka lembaran baru dalam perjalanan hidup. Di antara banyak pilihan jurusan, beberapa di antaranya mungkin terkesan sepi peminat.

Memilih jurusan yang populer memang umum dilakukan, namun tahukah kamu bahwa ada beberapa jurusan dengan peminat sedikit yang justru menawarkan peluang karir menjanjikan dan gaji kompetitif?

Melansir batamnews.co.id, berikut beberapa jurusan kuliah dengan peminat sedikit di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Astronomi

Jurusan Astronomi mempelajari benda-benda langit seperti planet, komet, dan nebula. Lulusan Astronomi bisa bekerja di lembaga-lembaga seperti LAPAN, BMKG, dan observatorium, bahkan NASA.

Data dari Institut Teknologi Bandung (ITB), daya tampung SNBP-Peminatan untuk jurusan ini adalah 9 dari total 152 kuota. Seperti dilaporkan oleh World Salaries pada 2024, gaji astronom di Jakarta bisa mencapai Rp 15 juta hingga Rp 45 juta per bulan.

2. Arkeologi

Daya tampung jurusan Arkeologi di Universitas Indonesia (UI) tahun 2024 adalah 24, dengan jumlah peminat di tahun 2023 sebanyak 239. Lulusan Arkeologi dapat berkarir sebagai arkeolog dengan gaji mulai dari Rp 7,6 juta hingga Rp 22 juta per bulan.

3. Fisioterapi

Fisioterapi merupakan jurusan kesehatan yang membantu pemulihan pasien. Meski kurang populer, jurusan ini sangat dicari di rumah sakit dan klinik. Daya tampung jurusan Fisioterapi di Universitas Indonesia tahun 2024 adalah 38 dengan 408 peminat di tahun 2023. Menurut Glassdoor, gaji fisioterapis diperkirakan sekitar Rp 5,8 juta per bulan.

4. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan

Jurusan ini mempelajari tentang hama dan penyakit yang mempengaruhi tumbuhan. Lulusan memiliki prospek kerja sebagai peneliti atau konsultan lingkungan dengan daya tampung di Universitas Gadjah Mada (UGM) sebanyak 23 pada tahun 2024 dan jumlah peminat sebesar 82 di tahun 2023.

5. Kearsipan

Jurusan Kearsipan fokus pada pengelolaan arsip dan dokumentasi. Meski jarang diminati, jurusan ini sangat penting dalam setiap organisasi. Daya tampung jurusan Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi di UGM tahun 2024 adalah 18, dengan 260 peminat di tahun 2023.

6. Teknik Desain Manufaktur

Jurusan ini berkaitan dengan desain dan produksi dalam industri manufaktur. Lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan, terutama dalam pembuatan kapal. Daya tampung di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah 16 dengan 89 peminat di tahun 2023.

7. Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Jurusan K3 mempelajari pengelolaan kesehatan dan keselamatan di industri. Lulusan dapat bekerja di berbagai sektor, termasuk pertambangan dan transportasi. Daya tampung di Universitas Indonesia tahun 2024 adalah 18, dengan jumlah peminat sebesar 634 di tahun 2023.

8. Teknik Geodesi

Lulusan jurusan ini dibutuhkan di lembaga seperti Badan Pertahanan Nasional dan Bappeda. Daya tampung di UGM adalah 63 dengan 418 peminat di tahun 2023.

Editor: Suhardiman

Tag:  #perlu #tren #jurusan #kuliah #dengan #sepi #peminat #buktikan #potensi #karir #cemerlang

KOMENTAR