BLT Mitigasi Cair Juli? Cek Jadwal dan Daftar Penerima Bansos Rp600 Ribu di Sini!
BLT Mitigasi Cair Juli? Cek Jadwal dan Daftar Penerima Bansos Rp600 Ribu di Sini! (freepik)
15:32
23 Juli 2024

BLT Mitigasi Cair Juli? Cek Jadwal dan Daftar Penerima Bansos Rp600 Ribu di Sini!

Pemerintah telah membuat program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan untuk memberikan dukungan kepada para keluarga yang terdampak pandemi. Perlu diketahui, BLT Mitigasi Risiko Pangan ini adalah kelanjutan dari program BLT El Nino yang telah berakhir pada Desember 2023 lalu.

Program yang satu ini bertujuan untuk memberikan bantuan sosial kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah memenuhi kriteria tertentu, di mana setiap penerima bantuan berhak untuk mendapatkan bantuan sebesar Rp600 ribu yang disalurkan melalui kantor pos. 

Kira-kira, BLT Mitigasi kapan cair?

BLT Mitigasi Risiko Pangan

Diketahui, awalnya pemerintah sudah merencanakan penyaluran BLT Mitigasi Risiko Pangan mulai bulan Januari hingga Maret 2024. Namun ternyata, jadwal ini mengalami perubahan dan diundur sampai April, Mei, bahkan Juni 2024. Nah saat ini sudah memasuki bulan Juli 2024, kabar mengenai pencairan BLT Mitigasi kabarnya akan dilakukan dalam waktu dekat. Memangnya, BLT Mitigasi kapan cair di bulan Juli 2024 ini?

Baca Juga: 4 Bansos Juli 2024 Cair! Cek Jadwal, Nominal, dan Cara Pencairannya di Sini

Untuk mendapatkan bantuan BLT Mitigasi, setiap calon penerima harus memenuhi persyaratan. Syarat dan kriteria penerima bantuan BLT Mitigasi Risiko Pangan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

- Penerima bantuan merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang terdaftar dengan dokumen KTP.

- Penerima bantuan harus sudah terdaftar dalam Basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

- Penerima bantuan tidak menerima bantuan sosial dari program lainnya selain BLT Mitigasi Risiko Pangan.

- Penerima bantuan tidak berafiliasi sebagai PNS, Polri, TNI, maupun karyawan BUMD/BUMN.

Baca Juga: Cara Cek Penerima Bansos BPNT Juli 2024 Lewat HP

Bagi calon penerima bantuan yang memenuhi kriteria yang telah disebutkan di atas, maka dapat memastikan keikutsertaan mereka dalam program ini melalui aplikasi SIKS-NG yang telah dikembangkan oleh Kementerian Sosial. 

Caranya cukup mudah, silakan kunjungi laman resmi cek bansos melalui https://cekbansos.kemensos.go.id lalu isi form yang diminta seperti provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan. Kemudian, masukkan nama sesuai dengan KTP dan kode verifikasi yang diberikan, lalu klik “cari data” untuk mengetahui apakah Anda termasuk penerima BLT atau tidak. 

BLT Mitigasi Kapan Cair? 

Saat ini, masyarakat memang tengah menantikan pencairan BLT Mitigasi. Bantuan sebesar Rp 600.000 per keluarga penerima manfaat (KPM) itu seharusnya sudah disalurkan untuk triwulan pertama yaitu Januari hingga Maret 2024. Namun kenyataannya, hingga saat ini belum juga ada pencairan. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat memberikan penjelasan mengenai alasan mengapa BLT mitigasi risiko pangan belum dicairkan oleh pemerintah. Sri Mulyani menyatakan bahwa pihaknya belum menerima dokumen pencairan anggaran dari Kementerian Sosial (Kemensos), sehingga bantuan itu masih belum dapat dicairkan. Hal tersebut disampaikan oleh Sri Mulyani dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi pada Jumat, 5 April 2024 lalu.

Rencana awalnya, bantuan BLT Mitigasi memang akan disalurkan untuk periode tiga bulan, yaitu Januari hingga Maret 2024, dengan besaran Rp 200.000 per bulan, sehingga totalnya adalah Rp 600.000. Namun, bantuan tersebut hingga bulan Juli 2024 ini belum juga cair.

Penting bagi Anda untuk terus memantau informasi terkini melalui berbagai kanal berita supaya dapat mengetahui jadwal pencairan bantuan BLT Mitigasi dengan pasti.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #mitigasi #cair #juli #jadwal #daftar #penerima #bansos #rp600 #ribu #sini

KOMENTAR