Adu Biaya Kuliah Amel dan Ara Anak Ussy Sulistiawaty, Kakak Adik Kompak Masuk Kampus Top
Kolase foto Ussy Sulistiawaty dan dua putrinya Amel dan Ara. (Instagram/ussypratama).
10:19
20 Juli 2024

Adu Biaya Kuliah Amel dan Ara Anak Ussy Sulistiawaty, Kakak Adik Kompak Masuk Kampus Top

Ussy Sulistiawaty kini bangga terhadap kedua anaknya.  Bagaimana tidak, kedua putri Ussy yakni Nur Amalia Putri (Amel) dan Syafa Al Zahra (Ara) sama-sama kuliah di perguruan negeri ternama.

Biaya kuliah anak Ussy Sulistiawaty tak main-main jumlahnya. Pasalnya, keduanya masuk di salah satu jurusan bergengsi di kampus terbaik di Indonesia.

Lantas, berapa biaya yang harus digelontorkan Ussy Sulistiawaty dan suami untuk membiayai impian kedua anaknya?

Biaya kuliah Amel di IPB

Amel anak Ussy Sulistiawaty. (Instagram)Amel anak Ussy Sulistiawaty. (Instagram)

Amel telah lolos masuk ke Institut Pertanian Bogor (IPB) lewat jalur seleksi mandiri pada tahun 2023 silam setelah lulus dari SMA bergengsi di Simprug, Jakarta Selatan. Kini, Amel mengambil jurusan Kedokteran Hewan.

Baca Juga: Tak Kalah dari Sang Adik, Amel Anak Ussy Sulistiawaty Juga Kuliah di Kampus Top dengan Biaya Semahal Ini

Bukan main, biaya kuliah di jurusan Kedkoteran Hewan tak sedikit jumlahnya. Ussy dan Andhika Pratama harus membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT). Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, UKT disesuaikan dengan kemampuan finansial orang tua.

Lantaran Ussy dan Andhika sama-sama berprofesi sebagai artis, disinyalir bahwa Amel mendapatkan golongan UKT tertinggi.

Golongan UKT tertinggi di jurusan Kedokteran Hewan IPB adalah Rp12 juta yang dibayarkan tiap semesternya, berdasarkan informasi yang diperoleh dari laman admisi IPB.

Adapun untuk golongan terendah, hanya dibebankan UKT sebesar Rp500 ribu per semesternya. Namun, sangat kecil kemungkinan orang tua Amel masuk golongan UKT terendah.

Amel juga diwajibkan membayar Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF) lantaran masuk dari jalur mandiri. Adapun BPIF di jurusan Kedokteran Hewan berada dalam rentang Rp76,5 juta hingga Rp85 juta.

Baca Juga: Ussy Sulistiawaty Asyik Joget sambil Dasteran Bareng Sahabat: Daster Bukan Sembarang Daster

Biaya kuliah Ara di UI

Potret Syafa Al Zahra dan keluarga (Instagram/ussypratama).Potret Syafa Al Zahra dan keluarga (Instagram/ussypratama).

Tak mau kalah dengan Amel, Ara berhasil lolos SIMAK UI Kelas Internasional (KKI) yang terkenal ketat. Ia mengambil jurusan Psikologi Kelas Internasional di Universitas Indonesia (UI).

Sontak, sang mama bangga dan membagikan momen kala Ara berhasil diterima di salah satu universitas kelas dunia itu.

"Ya Allah, ya Allah anak aku keterima di UI ya Allah Masya Allah thank you, thank you so much!," ujar Ussy di salah satu unggahan media sosialnya.

Dikutip dari laman resmi UI, KKI Psikologi UI juga punya biaya pendidikan yang fantastis jumlahnya. Andhika dan Ussy diperkirakan harus menggelontorkan dana besar untuk  Ara yang terdiri dari Biaya Kuliah Tunggal (BKT)Rp19.8 juta, UKT Rp28 juta per semester serta Iuran Pengembangan Institusi (IPI) sebesar Rp63 juta.

Kendati demikian, uang jutaan Rupiah itu tak sia-sia. Sebab, Ara bisa menjajal kuliah di University of Queensland pada semester keempat, kelima, keenam dan ketujuh.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #biaya #kuliah #amel #anak #ussy #sulistiawaty #kakak #adik #kompak #masuk #kampus

KOMENTAR