Tak Hanya Al-Kahfi, Ini 5 Surat yang Dianjurkan Dibaca Pada Hari Jumat
Tak Hanya Al-Kahfi, Ini 5 Surat yang Dibaca Hari Jumat (freepik)
14:50
19 Juli 2024

Tak Hanya Al-Kahfi, Ini 5 Surat yang Dianjurkan Dibaca Pada Hari Jumat

Hari Jumat adalah hari yang istimewa di dalam agama Islam. Di mana terdapat kebaikan serta keberkahan di dalamnya bagi umat muslim, apalagi jika mereka mengamalkan bacaan Al-Quran. Untuk memperoleh pahalanya, berikut anjuran surat yang dibaca hari Jumat.

Disamping anjuran membaca surat, seorang muslim juga dapat menjalankan amal kebaikannya lainnya. Misalnya berdoa, dzikir, bersholawat, sedekah dan lain sebagainya. Hal ini dapat dilakukan untuk menambah pahala serta mendapat keberkahan hari Jumat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini  beberapa surat Al-Quran yang dianjurkan dibaca di hari Jumat.

1. Surat Al-Kahfi

Surat Al-Kahfi menjadi surat yang sangat dianjurkan untuk dibaca ketika memasuki hari Jumat. Al-Imam Zainuddin Al-Malibari rahimahullah berkata yang artinya:

Baca Juga: Teks Surat Al Waqiah Lengkap Arab, Latin, Arti dan Manfaatnya

“Membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat dan malam Jumat adalah disunnahkan karena berbagai hadits mendukung hal ini. Membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat lebih afdal, lebih-lebih lagi pada Subuh hari Jumat. Karena membacanya pada waktu Shubuh berarti bersegera dalam kebaikan. Hendaklah membaca surah Al-Kahfi dan surah lainnya dari Al-Qur’an pada malam dan hari Jumat.

Membaca surah Al-Kahfi dan surah lainnya secara jaher (keras) itu makruh bila sampai mengganggu orang yang shalat dan orang yang tidur. Hal ini ditegaskan oleh Imam Nawawi dalam berbagai kitabnya.” (Fathul Mu’iin bi Syarh Qurroh Al-‘Aini bi Muhimmaati Ad-Diin, hlm. 232)

Selain itu, Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barang siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR. An-Nasa’i dan Al-Baihaqi. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sahih sebagaimana dalam Shahih At-Targhib, no. 736)

Baca Juga: Kapan Sholat Dzuhur di Hari Jumat Bagi Wanita, Haruskah Menunggu Sholat Jumat Selesai?

2. Surat Al-Ghasiyah Dan Al-A’la saat Sholat Jumat

Dijelaskan dalam Majmu’ Fatawa Syaikh bin Baz 30/265, membaca surat Al-Ghasiyah dan Al-A'la ketika sholat Jumat hukumnya sunnah, sebab Nabi Muhammad SAW ‘ juga biasa membacanya. Namun bila imam membaca selain kedua surat tersebut juga tidak apa.

3. Surat Al-Jumu'ah dan Surat Al-Munafiqun

Disadur dari NU Online, Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu'in menjelaskan bahwa ada beberapa surat yang bisa dibaca pada hari Jumat, khususnya ketika sholat Jumat.

ويسن للحاضر في صلاته جمعة وعشائها سورة الجمعة والمنافقون أو {سَبِّحِ} [سورة الأعلى] {وَهَلْ أَتَاكَ} [سورة الغاشية] وفي صبحها أي الجمعة إذا اتسع الوقت {الم تَنْزِيلُ} [سورة السجدة] السجدة و {هَلْ أَتَى} [سورة الإنسان] وفي مغربها الكافرون والإخلاص ويسن قراءتهما في صبح الجمعة وغيرها للمسافر

Artinya, "Disunahkan bagi orang yang hadir (menetap) membaca surat Al-Jumu'ah dan Al-Munafiqun, atau surat Al-A'la dan surat Al-Ghasyiyah saat salat Jumat dan salat Isya hari Jumat.

Bahkan Allah SWT juga menyebut keutamaan hari Jumat dan disyariatkannya sholat Jumat dalam Surat Al-Jumu'ah ayat 9:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ . فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ .

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila sholat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

4. Surat As-Sajdah dan Al-Insan

Selain ketiga surat di atas, muslim juga dianjurkan membaca surat As-Sajdah dan surat Al-Insan ketika sholat Subuh. Kemudian membaca surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas ketika menjalankan sholat Maghrib di hari Jumat.

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَقْرَأُ فِى الصُّبْحِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ (الم تَنْزِيلُ) فِى الرَّكْعَةِ الأُولَى وَفِى الثَّانِيَةِ هَلْ أَتَى عَلَى الإِنْسَانِ حِينٌ مِنَ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْئًا مَذْكُورًا

Artinya: "Adalah Rasulullah SAW biasa membaca pada hari Jumat dalam salat fajar (subuh), surat As Sajdah (Alif lam miim tanziil) dan surat Al Insan (Hal ataa 'alal insaani)," (HR Bukhari dan Muslim)

5. Surat Yasin dan As-Saffat

Di hari Jumat Rasulullah SAW juga biasa membaca surat Yasin dan juga As Saffat. Hal ini seperti yang telah diriwayatkan dalam hadits berikut:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: "Siapa yang membaca Surat Yasin dan As Saffat pada hari Jumat lalu memohon kepada Allah SWT, niscaya Dia mengabulkan permohonannya," (HR Abu Dawud).

Demikian surat yang dibaca hari Jumat, muslim sebaiknya mengamalkannya. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #hanya #kahfi #surat #yang #dianjurkan #dibaca #pada #hari #jumat

KOMENTAR