Siap Ikuti Jejak Xaviera Putri CoC? Ini Syarat dan Cara Daftar Beasiswa SMA Korea Science Academy of KAIST
Siap Ikuti Jejak Xaviera Putri CoC? Ini Syarat dan Cara Daftar Beasiswa SMA Korea Science Academy of KAIST (ist)
16:13
16 Juli 2024

Siap Ikuti Jejak Xaviera Putri CoC? Ini Syarat dan Cara Daftar Beasiswa SMA Korea Science Academy of KAIST

Bagi pelajar Indonesia, berburu beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri tidak hanya untuk bangku kuliah saja, lho. Pelajar berprestasi dari Indonesia juga bisa melanjutkan Sekolah Menengah Atas (SMA) di luar negeri dengan beasiswa. Salah satu yang saat ini tengah populer adalah beasiswa SMA KSA di Korea, tempat Xaviera Clash of Champions (CoC) menuntut ilmu sebelum akhirnya melanjutkan kuliahnya di KAIST.

KSA alias Korea Science Academy adalah sebuah sekolah setingkat SMA yang berlokasi di kota pelabuhan Busan, Korea Selatan. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, diketahui bahwa sekolah ini dibentuk dengan tujuan untuk mencari calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). Hal ini dilakukan karena ternyata kurikulum SMA di Korea Selatan dianggap masih kurang memadai. Setiap siswa yang diterima di KSA nantinya akan menyelesaikan kurikulum SMA dalam satu tahun. Kemudian, pada tahun kedua dan ketiga, para siswa akan mempelajari materi serta metode-metode pengajaran perguruan tinggi. Tujuannya, supaya transisi siswa dari SMA ke perguruan tinggi tidak memerlukan waktu yang lama. 

Bagaimana, semakin penasaran dan ingin tahu bagaimana cara daftar beasiswa Korea Science Academy of KAIST? Simak terus ulasan di bawah ini sampai akhir, ya! 

Xaviera CoC, Lulusan SMA KSA of KAIST

Dalam konten unggahan Xaviera di akun Instagram pribadinya, ia sempat menceritakan pengalaman dan alasannya memilih SMA di Korea (KSA). Sejak kecil, Xaviera sangat gemar matematika dan sering mengikuti lomba-lomba matematika. Ia menemukan informasi soal beasiswa KSA karena sejak SMP ia memang sudah hobi mencari informasi tentang beasiswa, dan juga karena ada kakak angkatannya yang SMA di sana.

Baca Juga: Cara Mengerjakan Cryptarithm, Teka-teki Matematika yang Viral karena Clash of Champions

Xaviera mengakui bahwa hanya murid paling top di Korea Selatan yang diterima, karena seleksinya yang sangat susah. SMA KSA ini juga dikhususkan dalam bidang sains dan riset. Karena seleksinya sangat ketat, jadi siswa internasional yang di seleksi, diterima dengan beasiswa penuh, termasuk salah satunya adalah Xaviera ini.

Proses seleksi dan persyaratan untuk mendaftar beasiswa KSA membutuhkan waktu yang panjang, hingga berbulan-bulan. Prosesnya dimulai dari document screening, terdiri dari personal statement, recommendation leader, piagam lomba yang terkait dengan matematika atau sains, dan lainnya. Selanjutnya, ada tes tertulis sains dan matematika dalam bahasa Inggris, lalu dilanjutkan dengan interview panjang berbahasa Inggris.

Cara Daftar Beasiswa Korea Science Academy of KAIST

Berikut ini adalah beberapa informasi tentang cara mendaftar beasiswa KSA of KAIST:

KSA of KAIST menawarkan berbagai macam beasiswa untuk mempersiapkan siswa sebagai pemimpin global yang kreatif, yang akan meningkatkan daya saing nasional dalam sains dan teknologi serta berkontribusi bagi umat manusia. Beasiswa ini disediakan oleh sekolah dan organisasi eksternal seperti beasiswa komite KSA. Siswa dan lulusan nantinya akan diberikan bantuan keuangan melalui program beasiswa untuk memungkinkan mereka fokus pada studi mereka.

Persyaratan

Pengiriman berkas online : 

Baca Juga: Mengenal KAIST, Kampus Top Dunia Tempat Xaviera Putri Berkuliah

  • Formulir aplikasi
  • Paspor atau Salinan KTP (Pemohon & Orang Tua)
  • Sertifikat Fakta Mengenai Masuk & Keluar yang dikeluarkan oleh Korea
  • Pernyataan Pribadi
  • Satu Surat Rekomendasi
  • Penghargaan

Pengiriman berkas melalui Pos Udara :

  • (Dokumen asli) Surat Keterangan Masuk SMP atau sertifikat kelulusan
  • (Dokumen asli) Catatan Akademik Resmi yang diaktakan di Inggris (selama tiga tahun terakhir) 

Proses Seleksi 

Jumlah siswa yang akan di pilih sebagai penerima beasiswa hanya sekitar 15 siswa saja untuk setiap angkatan. KSA sendiri akan mempertimbangkan sejumlah faktor ketika menentukan penerimaan, termasuk prestasi akademis pelamar (terutama dalam matematika dan sains), potensi, keterampilan interpersonal, prestasi pribadi, integritas, dan kepemimpinan.

1. Tahapan 2: Tes Tertulis (Matematika)

- Ujian tertulis tahap 1 akan dilakukan secara online, dan panduan sistem tes online akan diunggah di papan pengumuman di situs penerimaan KSA (https://admission.ksa.hs.kr/english) segera setelah aplikasi ditutup. Sangat disarankan untuk membaca manual secara menyeluruh dan membiasakan diri dengan sistem tes online.

- Semua pelamar diminta untuk memastikan bahwa mereka memiliki pengaturan yang diperlukan untuk pengujian online, yaitu lingkungan jaringan yang stabil dengan akses aman ke komputer, monitor, kamera web, dan telepon seluler.

- KSA tidak bertanggung jawab atas masalah apa pun yang timbul dari tidak tersedianya prasyarat untuk pengujian online.

2. Tahap 2: Review Dokumen dan Wawancara (Matematika & Bahasa Inggris)

- Pendaftaran Tahap 2 terbuka secara eksklusif bagi kandidat yang berhasil melewati Tahap 1.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar beasiswa Korea Science Academy of KAIST, kamu bisa cek website resminya berikut ini: https://overseas.mofa.go.kr/viewer/skin/doc.html?fn=20240208011051753.pdf&rs=/viewer/result/202407 . Selamat berjuang, dan semoga berhasil! 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #siap #ikuti #jejak #xaviera #putri #syarat #cara #daftar #beasiswa #korea #science #academy #kaist

KOMENTAR